Dinamika Pilgub DKI

Pasar Senen Terbakar, Agus: Pastikan Keamanan Instalasi Bangunan

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Kamis, 19 Jan 2017 13:14 WIB
Agus di kawasan Petak Sembilan (Muhammad Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta - Calon Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono, mengaku sedih mendengar kabar kebakaran di Pasar Senen, Jakarta Pusat. Menurutnya, instalasi di setiap bangunan harus dibangun dengan mengutamakan aspek keamanan.

"Saya tentu sangat sedih mendengarkan kabar kebakaran terjadi lagi di Pasar Senen. Tentu kita harus cari lagi penyebabnya apakah hal teknis atau hal-hal lain," kata Agus di kawasan Petak Sembilan, Jakarta Barat, Kamis (19/1/2017).

"(Untuk mencegah) saya harus lihat dulu ke sana ya. Bagi pemerintah, kita harus meyakinkan instalasi bangunan benar-benar mempunyai tingkat keamanan yang tinggi. Terutama sebelum membangun," sambungnya.

Agus mengaku berjanji akan mencegah kebakaran terjadi lagi bila ia terpilih kelak. Ia akan membuat hal tersebut sebagai program prioritasnya.

"Bagi saya, tentu ini jangan sampai terulang kembali karena bagi masyarakat tentunya kebakaran kehilangan banyak hal, termasuk kesempatan mereka untuk berjualan. Ini tentunya prioritas pemerintah," ucap Agus.

Untuk saat ini, Agus masih melihat situasi sebelum meninjau lokasi kebakaran. Dia tidak ingin mengganggu proses pemadaman.

"Saya akan lihat dulu situasinya. Tidak ingin juga saya ke sana kemudian akan mengganggu proses, tetapi saya sangat ingin dan saya sudah menyampaikan kepada tim untuk segera kita bisa memberikan perhatian yang baik kepada pedagang korban kebakaran," paparnya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan ada 1.012 kios di Pasar Senen yang terbakar. Kios itu berasal dari Blok 1 dan Blok 2 Pasar Senen.

(fdu/imk)