Ada 90 Adegan yang Dilakukan di Rekonstruksi Pembunuhan Pulomas

Ibnu Harianto - detikNews
Kamis, 19 Jan 2017 12:59 WIB
Pembunuhan di Pulomas (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta - Polisi akan mengelar rekonstruksi perampokan dan penyekap sadis di Pulomas, Jakarta Timur. Total ada 90 adegan dalam rekonstruksi tersebut, yang terdiri dari perencanaan, tempat kejadian perkara, hingga kegiatan setelah kejadian perampokan.

"Ada 90 adegan yang yang dilakukan. Terdiri dari 7 adegan perencanaan, kemudian 75 adegan ada di TKP, dan akhirnya ada di 8 adegan. Kita utamakan yang di Pulomas dulu," ujar Kabid Humas Polda Metro Kombes Argo Yuwono di sela-sela rekonstruksi di Jalan Pulomas Utara, Jakarta Timur, Kamis (19/1/2017).

Argo mengatakan 7 adegan perencanaan akan dilakukan di Cisarua, Bogor. Menurutnya, di sana para tersangka melakukan pertemuan untuk merencanakan perampokan.

"Tujuh adegan perencanaan akan dilaksanakan di Puncak, Cisarua, Bogor. Karena di sana ada pertemuan. Tersangka ada pertemuan perencanaan perampokan. Mereka berkumpul sudah merencanakan. Mereka sudah bawa alat golok, obeng. Nah perencanaan itulah yang sudah kita gali," tambahnya

Saat ini kepolisian masih mendalami motif perampokan disertai penyekap sadis di Pulomas itu.

"Kita semua akan gali. Dalam persiapan mereka, kita akan gali (motif). Kalau memang ada betul untuk merencanakan untuk menghabisi korban itu nanti justru lebih memberatkan mereka," ujar Kapolres Jakarta Timur Kombes (Pol) Agung Budijono.

Proses rekonstruksi di Jalan Pulomas Utara 7A, Jakarta Timur, itu berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga selesai pukul 11.00 WIB. Sebanyak 75 adegan diperagakan di lokasi kejadian, sedangkan 15 adegan lain digelar di luar TKP. (rvk/fdn)