Sumarsono: Ada 112 Kios di Pasar Senen yang Terbakar

- detikNews
Kamis, 19 Jan 2017 10:29 WIB
Foto: Ahmad Ziaul Fitrahudin/detikcom
Jakarta - Si jago merah belum bisa dijinakkan setelah lima jam mengamuk. Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono memastikan ada 112 kios pedagang yang dilahap api.

"Info Kadis (Pemadam Kebakaran DKI Jakarta), yang terbakar ada 112 kios dan memang belum padam seluruhnya karena angin. Jadi terus menyala di beberapa titik apinya," kata pria yang akrab disapa Soni ini di Gedung Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2017).
Sumarsono menyebut ada 112 kios yang terbakar.Sumarsono menyebut ada 112 kios yang terbakar. (Audrey Santoso/detikcom)


Sumarsono menyerahkan sepenuhnya kepada aparat kepolisian dalam mengamankan barang-barang dagangan milik pedagang korban kebakaran. "Yang kita hindari, jangan sampai ada penjarahan. Itu riskan terjadi dan sudah diserahkan aparat untuk keamanan di sana," ujar dia.



Menurut Sumarsono, kebakaran itu melanda Pasar Pembangunan Jaya, bukan Pasar Jaya. Petugas pemadam kebakaran juga akan ditambah untuk menjinakkan api. "Yang pertama, bukan Pasar Jaya, tapi yang sebelahnya, PD Pembangunan Jaya. Kayaknya (titik pusat api) di sekitar situ. Kedua, (pemadam kebakaran) masih di lapangan, mereka sedang menyelesaikan. Dari 24 (mobil pemadam), kayaknya ada tambahan lagi, sekarang jadi 50 (unit damkar)," ungkap Sumarsono.

Sumarsono menduga kebakaran itu dipicu oleh faktor manusia dan faktor fasilitas sarana-prasarana yang kurang diawasi kualitasnya. "Yang paling saya duga adalah faktor korsleting akibat arus pendek. User sekarang dengan pemahaman listrik yang kurang cermat, sering nyambung-nyambungin instalasi, bikin colokan tanpa melihat aspek teknis kekuatan dari kabel," papar Sumarsono. (Audrey Santoso/fjp)