Kebakaran Pasar Senen

Sudah 5 Jam, Kebakaran di Pasar Senen Belum Bisa Dipadamkan

Dewi Irmasari - detikNews
Kamis, 19 Jan 2017 09:55 WIB
Kebakaran di Pasar Senen (Ahmad Ziaul Fitrahudin/detikcom)
Jakarta - Api yang membakar Blok II Pasar Senen, Jakarta Pusat, masih belum berhasil dipadamkan. Petugas pemadam kebakaran (damkar) masih terus berjuang menjinakkan api.

Laporan kebakaran itu pertama kali disampaikan pada pukul 04.43 WIB. Hingga saat ini, pukul 09.48 WIB, petugas damkar masih bekerja untuk memadamkan api yang membakar kios-kios di pasar itu.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Kadis Damkar) DKI Jakarta Subejo mengatakan kendala pemadaman adalah banyaknya barang mudah terbakar sehingga api cepat merambat. Selain itu, Subejo menyebut banyak tumpukan barang yang membuat pemadaman harus benar-benar menggunakan air yang banyak.

"Jadi gini, kalau bahannya tuh atasnya mati, dalamnya masih, jadi kayak api dalam sekam gitu. Jadi harus dibanjiri dulu sampai semuanya basah, sampai mati total. Kalau cuma atasnya doang nanti bisa nyala lagi," kata Subejo saat ditemui di lokasi, Kamis (19/1/2017).



Selain itu, sumber api yang berada di lorong-lorong kios menjadi kendala yang dihadapi petugas. Asap yang membubung juga membuat petugas kesulitan mencapai titik api.

"Itu kan lorongnya kecil-kecil. Jadi Anda bayangkan itu kalau barangnya. Banyak tokonya banyak, lorongnya kecil, sempit, penyebaran apinya cepet, asapnya banyak, itu kendalanya," imbuh Subejo.

Para petugas masih berusaha memadamkan api. Sedangkan pedagang yang kepanikan berusaha menyelamatkan barang dagangan mereka dan menumpuknya di pinggir jalan.

(dhn/fjp)