DetikNews
Rabu 18 Jan 2017, 20:02 WIB

Gandeng Pengusaha, Sandiaga Sebut OK OCE Tidak Bebani APBD

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Gandeng Pengusaha, Sandiaga Sebut OK OCE Tidak Bebani APBD Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom
Jakarta - Cawagub DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno bekerja sama dengan pengusaha sukses di bidang digital media Shinta Dhanuwardoyo (Shinta Bubu). Bentuk kerja sama ini akan berupa pembinaan kepada peserta One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (OK OCE).

"Hari ini kita meluncurkan OK OCE. Bu Shinta sudah kultweet tentang OK OCE tentang bagaimana membantu para wirausaha, khususnya yang bergerak di bidang digital dan teknologi," ujar Sandiaga di Jalan Wijaya 9 No 16 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (18/1/2017).

Sandiaga mengatakan kerja sama ini untuk membantu para peserta OKE OCE dalam menghadapi berbagai masalah, khususnya teknologi digital. Diharapkan mereka akan mendapatkan berbagai solusi dengan pendampingan dan pelatihan yang diberikan.

"Untuk membantu mereka menghadirkan solusi-solusi bagi masalah lapangan kerja, masalah yang ada di Jakarta, termasuk pangan dan masalah peluang-peluang usaha di bidang pendidikan," sebutnya.

"Di bidang kesehatan dan di bidang e-commerce yang kita harapkan akan jadi lokomotif untuk pembangunan ekonomi ke depan," tambahnya.

Selain pendampingan, kerja sama ini akan membantu para peserta OK OCE mencari permodalan. Hal ini untuk menguatkan program OK OCE yang tidak akan membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) jika dirinya terpilih.

"Pendampingan, mentoring, dan permodalan. Jadi Bu Shinta Bubu adalah bukti juga bahwa kita nggak akan membebani APBD karena Bu Sinta mengelola Angel EQ Network," jelasnya.

Program Angel Network yang tengah dijalankan Shinta Bubu saat ini adalah program para investor (investor-investor malaikat) yang akan mendanai pebisnis pemula (start up). Pelatihan digital dan teknologi yang diberikan diharapkan mampu melancarkan program OK OCE yang akan dijalankan di 44 kecamatan di DKI Jakarta.

"Jadi ini adalah yang disebut sebagai investor-investor malaikat. Angel investor yang akan mendanai usaha-usaha rintisan start up bisnis di wilayah Jakarta, di 44 Kecamatan. Yang akan tergabung dengan network OK OCE ini di bidang teknologi dan digital yang memiliki kemampuan untuk memberikan solusi," imbuhnya.

Kolaborasi antara Shinta dan Sandiaga ini diharapkan mampu membantu start up yang berbasis pada digital dan teknologi. Salah satunya dikatakan Shinta adalah bagaimana membuka jaringan (network).

"Saya dan teman-teman di Angel EQ Network including Pak Sandi. Di sini kita cari cara bagaimana start up yang berbasis teknologi ini, kita bisa bantu dorong agar mereka tumbuh lebih cepat. Dan mereka kita bantu carikan dananya, kita bantu dari sisi pendampingannya, jadi mentoring. Karena paling penting itu start up itu dari sisi mentoring-nya," jelas Shinta di lokasi yang sama.

Digital teknologi, dikatakan Sandiaga, adalah sebuah keniscayaan bagi para pelaku usaha. Peluang tersebut diharapkan Sandiaga mampu ditransformasikan dalam program OK OCE.

"OK OCE ini kita salah satu yang paling dahulu untuk bergerak memastikan mereka mengadopsi digital dan teknologi. Karena, menurut riset yang kami miliki, kalau ada UKM yang mengadopsi digital dan teknologi, mereka satu setengah kali lebih efektif dalam menciptakan lapangan kerja," jelasnya.

Program OK OCE sendiri, dikatakan Sandiaga, akan menjadi payung untuk program Angel EQ Network yang tengah dijalankan Shinta.

"Jadi OK OCE itu payungnya, pendanaannya nanti bisa melalui Angel EQ, di-mentoring juga bisa melalui network-nya Ibu Shinta," pungkasnya.
(nvl/nkn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed