DetikNews
Rabu 18 Januari 2017, 16:47 WIB

Ridwan Kamil: Bonbin Bikin Nama Bandung Buruk di Internasional

Avitia Nurmatari - detikNews
Ridwan Kamil: Bonbin Bikin Nama Bandung Buruk di Internasional Beruang madu di Bonbin Bandung (Avitia Nurmatari/detikcom)
Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku kecewa atas munculnya pemberitaan negatif terkait dengan Kebun Binatang Bandung. Pria yang karib disapa Emil itu meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan turun tangan.

"Sudah berulang kali disampaikan, Bonbin ini milik pribadi swasta, kita tidak punya kapasitas. Untuk surat keberatan saya sudah kirim ke Kemen LH tahun lalu. Pressure-nya ke kementerian karena mereka yang bisa menutup," ujar Emil di rumah dinasnya, Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Rabu (18/1/2017).

Kepada pengelola, Emil meminta untuk bereaksi lebih baik dalam mengelola Kebun Binatang Bandung. Pihaknya juga akan kembali menegur pengelola.

"Saya hanya bisa menegur. Akan kirimi surat lagi yang isinya bahwa Anda (pengelola Bonbin) mengelola dengan buruk. Kini ada berita lagi mohon pertanggungjawabannya," ungkapnya.

Selaku pimpinan tertinggi di Kota Bandung, Emil merasa Bonbin Bandung kerap membuat citra Kota Bandung menjadi buruk.

"Saya posisi hari ini prihatin dan kecewa terharap cara mengelola. Bonbin ini selalu membawa nama buruk Bandung ke dunia internasional. Saya sudah berupaya untuk membantu mencarikan investor, carikan lahan, kita buat lebih hewani, tapi kan respons pengelola seperti itu," tegasnya.

Kondisi beruang madu di Kebun Binatang (Bonbin) Bandung disorot media dan aktivis perlindungan hewan internasional. Pengelola Bonbin Bandung membantah tak mengurus beruang tersebut.

"Mereka bisa saja seperti Anda lihat kurus. Pendapat orang berbeda. Namanya satwa dikasih makan pasti ditangkap. Dilarang memberikan makanan," kata Humas Bonbin Bandung Sudaryo saat ditemui di kantornya, Jl Tamansari, Bandung, hari ini.


(avn/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed