DetikNews
Rabu 18 Januari 2017, 15:56 WIB

Dinamika Pilgub DKI

Ingin Beri Inspirasi, Sandiaga Luncurkan Buku Kisah Menuju Sukses

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Ingin Beri Inspirasi, Sandiaga Luncurkan Buku Kisah Menuju Sukses Sandiaga meluncurkan buku (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Jakarta - Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno menggelar peluncuran buku perjalanan hidupnya. Buku ini berkisah tentang perjalanan hidup Sandiaga dari kecil hingga menjadi pengusaha sukses.

Sandiaga hadir mengenakan batik biru bermotif hijau di Toko Buku Gramedia, Matraman, Jakarta Pusat, Rabu (18/1/2017). Acara ini bernama Peluncuran Buku Sandiaga S. Uno 'Kerja Tuntas Kerja Ikhlas One Way Ticket to Success'.

Turut hadir dalam acara tersebut Ustad Solmed, Boy Sadikin, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani, dan budayawan Taufiq Ismail. Ada pula ibunda Sandiaga, Mien Uno, serta sang istri, Nur Asia.

Buku itu ditulis Sandiaga selama delapan tahun. Banyak pertimbangan hingga akhirnya Sandiaga menuntaskan buku tersebut.

"Jujur, saya memulai menulis buku ini delapan tahun yang lalu dengan tujuan yang lain. Tapi, di tengah-tengah jalan, saya seperti memang pribadi saya yang skeptis. Saya itu sangat skeptis terhadap diri sendiri juga," kata Sandiaga saat memberi sambutan.

Peluncuran buku SandiagaPeluncuran buku Sandiaga (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)


Sandiaga mengaku ragu dengan kepantasan dirinya menulis sebuah buku. Hal tersebut terus menjadi pertanyaan dalam dirinya selama delapan tahun penulisan buku.

"Bahwa saya bertanya, pantas nggak sih saya nulis buku, apakah nanti ada yang baca, apakah nanti ada yang beli. Saya mempertanyakan waktu itu, dan selama delapan tahun ini proses kontemplasi itu terus berjalan," kisahnya.

Pertimbangan utama dirinya melanjutkan penulisan buku tersebut adalah ketakutan akan disebut sebagai orang yang sombong. "Saya takut buku ini menjadi riya, saya takut menjadi ajang bangga-banggakan diri," imbuhnya.

Akhirnya buku tersebut kemudian ditulis dengan mempertimbangkan tiga aspek. Perintah seorang ibu menjadi salah satu di antara pertimbangannya.

"Ada tiga hal yang memberanikan saya untuk menghidupkan dan kembali melanjutkan. Namun tiga ini tidak ada hubungannya dengan 3 angka Pilgub DKI, ya," ucap Sandiaga sambil tersenyum.

Buku tersebut, dikatakan Sandiaga, merupakan kisah hidupnya dari kecil hingga menjadi pengusaha sukses. One way ticket menjadi tema buku ini karena Sandiaga ingin menceritakan bahwa setiap orang memiliki satu kesempatan di dunia ini. Kesempatan itu dimiliki dengan satu tiket yang tidak akan pernah kembali.

"Kita semua memegang one way ticket. Saya tidak pernah berpikir apakah saya akan kembali ke profesional setelah saya kembali ke pengusaha," jelasnya.

Satu kesempatan itu, ujar Sandiaga, ada pada diri seseorang. Apa yang seseorang kehendaki akan menjadi kenangan orang lain dan anak-cucu di kemudian hari.

"Pertanyaannya dalam one way ticket kita ini, perjalanan apa yang kita mau, orang lain, anak-cucu kita akan mengenang kita. Mudah-mudahan buku ini bisa membawa inspirasi," pungkasnya.
(nvl/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Foto News

    Foto: Penampakan Setya Novanto Saat Tiba di RSCM

    DETIKPHOTO | Jumat 17 November 2017, 14:05 WIB Tersangka kasus korupsi e-KTP, Setya Novanto, tiba di RSCM Kencana, Jakarta Pusat. Novanto dipindah ke RSCM Kencana untuk menjalani perawatan medis.