DetikNews
Rabu 18 Januari 2017, 05:24 WIB

PLG Aceh Besar Rawat Anak Gajah Liar yang Alami Gizi Buruk

Agus Setyadi - detikNews
PLG Aceh Besar Rawat Anak Gajah Liar yang Alami Gizi Buruk Foto: Agus Setyadi/detikcom
Banda Aceh - Seekor anak gajah Sumatera yang diperkirakan berusia 1 tahun mengalami gizi buruk setelah terpisah dari induknya. Ia ditemukan tak jauh dari bangkai seekor gajah jantan.

Pantauan detikcom, anak gajah tersebut kini dirawat di Pusat Latihan Gajah (PLG) Saree, Aceh Besar, Aceh. Kondisinya sudah mulai normal kembali. Berat badannya telah bertambah dan mulai agresif lagi. Tim dokter dan mahout mengeceknya setiap saat.

"Kondisi terkini sudah lumayan ada kemajuan walau belum terlalu signifikan. Tenaganya sudah mulai kembali dibanding waktu pertama datang terlihat lemah," kata drh Rosa Rika Wahyuni, seorang dokter yang menangani gajah tersebut, saat ditemui Selasa (17/1/2017).
PLG Aceh Besar Rawat Anak Gajah Liar yang Alami Gizi BurukFoto: Agus Setyadi/detikcom

Anak gajah yang terpisah dari kawanannya itu kini diikat di salah satu lokasi di PLG Saree. Mahout memberi makanan berupa tebu dan lainnya. Sejak hari ini, gajah jantan tersebut mulai aktif menyerang jika ada orang yang mendekat.

Menurut drh Rosa, saat pertama tiba di PLG Saree pada Senin (16/1) kemarin, kondisi gajah tersebut masih memprihatinkan. Meski sudah mendapat tindakan medis beberapa hari di Aceh Timur, tempat gajah ini ditemukan, tubuhnya masih sangat kurus.

"Gajah ini sangat stres karena hilang induk, hilang habitatnya, hilang kawanannya. Kita tidak tahu berapa lama terpisah dari induknya. Sekarang kita perbaiki dulu mental dia dan kita beri kenyamanan dia," jelasnya.

Pagi tadi, tim dokter juga sudah melakukan infus dan memberi obat-obatan. Drh Rosa dan tim masih terus memantau perkembangan kondisi gajah dari hari ke hari.

"Kita mengupayakan sekuat tenaga untuk memulihkan kondisi fisik dan mental dia," ungkap drh Rosa.
PLG Aceh Besar Rawat Anak Gajah Liar yang Alami Gizi BurukFoto: Agus Setyadi/detikcom

Anak gajah ini ditemukan di Desa Jambo Reuhat, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur, Aceh. Saat pertama kali ditemukan pada Sabtu (14/1) lalu, badannya sangat kurus hingga tulang rusuknya terlihat menonjol dan dapat dihitung.

Awalnya anak gajah ini diduga mengalami luka tembak. Namun, setelah tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) turun ke lokasi, diketahui "Po Meurah" menderita gizi buruk. Kini ia dirawat di PLG Saree untuk memulihkan kondisinya.


(jor/aik)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed