DetikNews
Minggu 15 Januari 2017, 17:21 WIB

Dinamika Pilgub DKI

Mobilnya Masuk Busway Saat Berangkat Debat, Ini Penjelasan Anies

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Mobilnya Masuk Busway Saat Berangkat Debat, Ini Penjelasan Anies Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom
Jakarta - Mobil cagub DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menjadi sorotan karena memasuki jalur TransJ atau busway saat berangkat menuju tempat debat cagub-cawagub di Hotel Bidakara, Jaksel, Jumat (13/1) lalu. Keputusan itu diambil polisi pengawal Anies karena kondisi jalan yang macet.

"Keputusannya jadi bukan mobil saya. Kan polisi memutuskan masuk ke busway, macet sekali," ujar Anies di Lapangan Masjid Baitunnur, Jalan Lebak Bulus I, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Minggu (15/1/2017).

Saat berada dalam mobil Anies, tidak menyadari mobil yang digunakannya masuk ke busway. Saat itu dirinya di dalam mobil sedang fokus mempersiapkan debat.

"Saya sendiri lihat ke HP, nulis, masuk tahu-tahu sudah di jalan. Tapi keputusannya bukan mobil Anies," katanya.

Keputusan mobil Anies masuk busway diambil oleh polisi yang menjadi pengawal saat dirinya menuju tempat debat. Anies meluruskan kabar bahwa seakan-akan mobilnya yang masuk ke busway.

"Patwal memutuskan masuk jalur busway. Teman-teman kan banyak nulis-nya mobil Anies, seakan-akan satu mobil," imbuhnya.

"Polisi pengawal memutuskan masuk busway, dan ketika kemarin dicek oleh polisi (beritanya), menurut polisi juga dalam situasi yang darurat, polisi boleh mengambil keputusan itu," jelasnya.

"Jadi, keputusannya bukan di saya, saya dalam mobil, ngerjain (persiapan debat), keputusannya di pak polisi, dan pak polisi punya otoritas itu," tambahnya.

Anies sudah mengingatkan petugas yang mengawalnya saat itu. Namun, saat itu kondisi jalan sangat macet, dan masuk busway adalah pilihan untuk segera tiba di lokasi.

"Sesudah itu langsung diingatin, tapi kata mereka Jalan Gatot Subroto nggak gerak, dari mulai Sudirman sampai ke Pancoran itu nggak gerak. Jadi nggak ada pilihan kecuali lewat busway. Jadi lewat busway itu dari depan Kartika Chandra. Terus habis itu jalur biasa lagi, terus jalur itu nggak bergerak," pungkasnya.
(nvl/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed