DetikNews
Jumat 13 Januari 2017, 05:08 WIB

Dinamika Pilgub DKI

Saat Para Artis Bela Cagub Jagoannya Lewat Debat Terbuka

Elza Astari Retaduari - detikNews
Saat Para Artis Bela Cagub Jagoannya Lewat Debat Terbuka Debat artis pendukung cagub-cawagub DKI. (Gibran Maulana/detikcom)
Jakarta - Sejumlah artis Ibu Kota mengikuti debat terbuka untuk membela pasangan calon di Pilgub DKI pilihannya. Mereka saling memamerkan keunggulan calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI jagoan masing-masing.

Debat artis pendukung cagub-cawagub DKI digelar di Sinema Hall Gedung Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Jl HR Rasuna Said, Jaksel, Kamis (12/1/2017) malam. Namun hanya ada dua kubu artis pendukung yang hadir dalam acara ini.

Tampak hadir artis pendukung pasangan nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni seperti Venna Melinda, Dede Yusuf, dan Indra Perdana Sinaga alias Naga 'Lyla'. Sedangkan untuk pasangan nomor urut 3 Anies Baswedan-Sandiaga Uno, hanya hadir stand up comedian Pandji Pragiwaksono ditemani seorang timses, Naufal Firman Yusrak.

Tak tampak artis-artis pendukung pasangan calon nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dalam kesempatan itu. Belum diketahui alasan mengapa tak ada perwakilan artis pendukung Ahok-Djarot.

Pada debat ini, artis Venna Melinda menjelaskan alasannya memilih Agus Yudhoyono. Bukan hanya karena Venna adalah politikus Partai Demokrat yang mengusung Agus-Sylviana, namun karena ada alasan lainnya.

"Kalau kenapa harus AHY pilihan saya, bukan karena saya dari Demokrat. Saya mencari pemimpin yang benar-benar mempunyai karakter," ungkap Venna dalam acara Debat Artis Pendukung Cagub DKI 2017.

Venna lalu menyinggung program Agus. Dia sangat mengapresiasi program Kedai Jakarta yang disebutnya bisa membuat masyarakat Jakarta lebih bersosialisasi kembali.

"Program AHY salah satunya membuat internet bisa menyapa seluruh masyarakat, Kedai Jakarta. Kalau ke kafe sekarang yang ditanya pasti ada Wi-Fi nggak?" tuturnya.

Saat Venna memaparkan program Agus ini, Pandji Pragiwaksono, yang merupakan jubir Anies, menyela. Ia menyela sambil tertawa.

"He-he-he... benar, benar, (kalau ke kafe pasti nanya Wi-Fi)," kata Pandji.

Tak mau kalah dengan Venna, Pandji juga memamerkan program-program andalan Anies-Sandi. Komika itu juga mengaku senang karena mendapat tugas langsung dari Anies sebagai juru bicara.

"Yang menyenangkan, waktu bilang, 'Tolong sampaikan gagasan kami ke pemilih muda.' Ketika ditanya lewat medium apa, ya lewat media sosial. Ini adalah medium yang saya cukup familier," ujar Pandji.

Hal lain yang membuat Pandji yakin untuk masuk menjadi salah satu timses Anies-Sandi adalah latar belakang Anies. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu dianggap lebih mengerti cara mengelola keuangan dibandingkan dengan pesaingnya yang lain.

"Terus terang, kalau saya ingin beradu kompetensi, saya lebih percaya sama orang yang pernah memimpin kementerian dengan serapan anggaran 94 persen. Dia tahu cara mengelolanya," papar dia.

Pandji menyatakan, lewat keahliannya 'berselancar' di dunia maya, ia hanya ingin membuat warga Jakarta mengerti apa saja program dan gagasan Anies-Sandi untuk membuat Jakarta lebih baik.

"(Ada) 3 (program) utama. Pendidikan untuk semua dengan KJP Plus. Anak-anak yang tak bisa sekolah bisa mendapatkan akses. OKE OCE (One Kecamatan One Central Entrepreneurship), (untuk) melahirkan banyak pengusaha supaya lebih banyak peluang kerja. Dan harga pangan yang lebih rendah," terang Pandji.

"Tapi di luar itu banyak program yang juga keren, ada di jakartamajubersama.com, bacalah," tambah dia.

Dalam debat artis ini, duduk sebagai panelis adalah wartawan senior Burhanudin, Soni, dan presenter kondang Feni Rose. Puluhan orang hadir sebagai audiens. Para cagub-cawagub DKI sendiri akan melangsungkan debat terbuka malam nanti. Debat tersebut adalah yang pertama dari tiga jadwal yang disusun KPU DKI.








(elz/ear)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed