DetikNews
Kamis 12 Januari 2017, 17:17 WIB

Gerindra Capreskan Prabowo, PKS Belum Tentukan Sikap Koalisi

Andhika Prasetia - detikNews
Gerindra Capreskan Prabowo, PKS Belum Tentukan Sikap Koalisi Hidayat Nur Wahid (Foto: Dewi Irmasari/detikcom)
Jakarta - Partai Gerindra, melalui Waketum Fadli Zon, menyampaikan mayoritas kader partainya mendorong Prabowo Subianto untuk menjadi calon presiden dalam Pilpres 2019. Apakah PKS akan kembali berkoalisi kembali dengan Gerindra?

"Gerindra juga harus menghormati PKS karena kami masih fokus dengan agenda seperti Pilkada hingga RUU Pemilu. Nanti sikap parpol terkait aturan Pilpres itu sendiri," kata Wakil Ketua Majelis Syuro DPP PKS Hidayat Nur Wahid saat dihubungi, Kamis (12/1/2017).

Saat 2014 lalu, PKS sempat berkoalisi dengan Gerindra dalam Koalisi Merah Putih (KMP) dengan mengusung Prabowo dan Hatta Radjasa. Keputusan PKS sendiri antara mencalonkan kadernya sendiri atau berkoalisi masih belum final.

"Keputusan PKS sendiri belum final apakah mencalonkan sendiri atau berkoalisi, baik dengan Gerindra atau partai lain," terang Hidayat.

Namun, Hidayat menghormati sikap Gerindra dengan mencalonkan Prabowo. Menurutnya, Prabowo memiliki kapasitas.

"Beliau punya kapasitas, beliau juga legowo saat kalah di pilpres lalu, dan hasil pemilihan hanya beda tipis dengan Jokowi. Lalu beliau berhasil mengajak Anies yang dulunya di pihak Jokowi dan sekarang diusung sebagai Cagub di Pilkada DKI," ujar Hidayat.

Sebelumnya, Fadli menyebut mayoritas kader partainya mendorong Prabowo untuk menjadi calon presiden dalam Pilpres 2019. Gerindra siap berjuang habis-habisan.

"Saya kira Partai Gerindra perlu mencalonkan kembali, mayoritas ingin mencalonkan Pak Prabowo di 2019," kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (9/1).
(dkp/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed