DetikNews
Kamis 12 Jan 2017, 16:58 WIB

Dinamika Pilgub DKI

Simulasi dengan Pakar, Anies-Sandi Bedah Topik Debat Perdana

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Simulasi dengan Pakar, Anies-Sandi Bedah Topik Debat Perdana Anies dan Sandiaga saat Rabu Bersama (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Jakarta - Cagub-cawagub DKI Jakarta nomor urut 3, Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahudin Uno, siang ini mengadakan simulasi debat bersama sejumlah pakar. Hal tersebut dikatakan Sandiaga untuk melihat topik-topik yang terus berubah hingga menjelang debat terbuka berlangsung.

"Bareng Pak Anies dan hari ini kita akan mencoba untuk melihat dari topik-topiknya. Karena topik-topiknya berganti-ganti terus ya setiap hari, saya baru tahu semalam berganti lagi. Saya nggak tahu kenapa sih nyusun topik kok susah amat sih," ujar Sandiaga di Gedung Wiki Wiki Wok, Jalan DI Panjaitan kav 34, Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (12/1/2017).

Permasalahan pemilihan topik debat, dinilai Sandiaga, adalah apa yang menjadi prioritas utama warga Jakarta. Pihaknya baru mengetahui topik debat yang telah pasti hari ini. Sandiaga berharap debat dapat menjadikan warga yang belum menentukan pilihan berubah dan memilih Anies-Sandi pada hari pemilihan nanti.

"Karena topik ini kan jelas gitu kan, yang mau dibedah adalah apa yang menjadi prioritas utama warga Jakarta. Tapi kelihatannya topik-topiknya terus bergerak. Hari ini saya akan diberi tahu untuk topik yang fix untuk besok, dan mudah-mudahan ini bisa menjadi sarana kemampuan dari kami Anies-Sandi untuk meyakinkan warga Jakarta, terutama yang masih belum menjatuhkan pilihan," katanya.

"Untuk bisa kita menangkan hatinya dengan program-program unggulan kita, penciptaan lapangan kerja, tentunya biaya hidup yang lebih terjangkau dan pendidikan yang lebih baik," tambahnya.

Simulasi debat tersebut juga menghadirkan tim ahli dan pakar yang terlibat dalam tim pemenangan Anies-Sandi. Mereka akan mendesain program unggulan yang selama ini selalu disampaikan untuk ditampilkan saat debat.

"Iya para ahli dan pakar maupun expert akan terlibat dan juga kita kan meng-cover program-program utama kita. Yang selama ini kita berikan dalam rencana kerja kita. Dalam penekanan ketiga aspek utama," imbuhnya.

Di antara dewan pakar yang akan hadir dalam simulasi adalah mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto. Bersama timnya, Bambang telah memberi masukan terkait penegakan hukum dan penanganan antikorupsi. Sandiaga juga menerima laporan bahwa masalah kriminalitas dan tata kota juga menjadi topik saat debat. Untuk itu, timnya juga telah menerima masukan.

"Untuk di tim pakar tentunya Pak Bambang Widjojanto dan timnya itu sudah memberikan masukan. Kemarin salah satu topiknya itu penegakan hukum, dan clean governance ya, antikorupsi. Hari ini saya nggak tahu topiknya apa, tapi kalau masalahnya kriminalitas, mengenai tata kota, ada beberapa ahli yang juga akan memberikan masukan buat kita," ujarnya.

Para ahli ekonomi, penggiat antikorupsi, serta penggiat demokrasi juga akan hadir dalam simulasi debat tersebut. Isu akan demokrasi yang sejuk dikatakan Sandiaga akan menjadi masukan dari tim ahli itu.


(nvl/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed