DetikNews
Kamis 12 Jan 2017, 16:48 WIB

JK Keluhkan Kualitas Guru, PGRI Janji Ubah Mindset

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
JK Keluhkan Kualitas Guru, PGRI Janji Ubah Mindset Wapres JK menemui pengurus PGRI. (Taufik/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengeluhkan kualitas guru kepada perwakilan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). PGRI pun menjanjikan adanya perubahan mindset dari para guru.

Keluhan JK itu disampaikan saat berbicara dengan pihak PGRI di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (12/1/2017).

"Misalnya, tadi Pak JK juga ngobrol, 'Saya mengeluh nih kalau guru ngomong kesejahteraan tepuk tangan, tapi ngomong kualitas diam'," kata Plt Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi, menirukan ucapan JK.

Mendengar keluhan JK itu, Unifah mengatakan pihaknya telah bekerja untuk mengubah mindset para guru. Cara yang digunakan adalah membangkitkan kesadaran kolektif.

"Di mana-mana saya kampanyekan guru itu harus memberi, nanti kita akan menerima hasilnya," ungkapnya.

"Memberi itu juga saya ingatkan, bahwa Anda punya hak dan kewajiban. Itu cara kami," tambahnya.

Sebelumnya, perwakilan PGRI menghadap Wapres JK untuk menyampaikan kegelisahan soal kebijakan alih kelola sekolah yang diputuskan oleh pemerintah.

"Kita juga melaporkan tentang perubahan alih kewenangan guru SMA/SMK ke provinsi. Ini kan maksudnya untuk redistribusi guru, tetapi pelaksanaannya tidak smooth. Jadi kami mohon nanti ada aturan-aturan yang menjembatani di masa transisi itu," ujar Unifah di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (12/1).

Kebijakan alih kelola sekolah ini tertuang dalam UU No 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Selama ini, pengelolaan SMA dan SMA berada di wilayah pemerintahan kabupaten/kota. Sejak awal tahun ini, pengelolaan itu dipindahkan ke pemerintah provinsi.

Unifah mengatakan masih ada tarik-menarik kewenangan yang terlihat di beberapa daerah. Dia meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membuat panduan bagi kabupaten kota dan provinsi, termasuk mempertimbangkan membuat kantor perwakilan guru di daerah.
(fiq/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed