DetikNews
Kamis 12 Januari 2017, 11:49 WIB

8 Dubes Termasuk dari AS Serahkan Surat Kepercayaan ke Jokowi

Ray Jordan - detikNews
8 Dubes Termasuk dari AS Serahkan Surat Kepercayaan ke Jokowi 8 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Indonesia menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/1/2017). Foto: Ray Jordan/detikcom
Jakarta - Delapan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Indonesia menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta. Mereka menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Jokowi untuk bertugas di Indonesia.

Acara penyerahan surat kepercayaan tersebut dilakukan di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (12/1/2017). Acara ini digelar dengan prosesi upacara kenegaraan.

Satu per satu duta besar itu tiba di Istana Merdeka. Kehadiran mereka langsung disambut oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dengan proses upacara dan menyanyikan lagu kebangsaan asal para duta besar.

 8 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Indonesia menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/1/2017)Foto: Ray Jordan/detikcom
8 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Indonesia menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/1/2017).


Di Istana Merdeka, pihak Kementerian Luar Negeri memperkenalkan para dubes kepada Presiden Jokowi sambil menyerahkan surat kepercayaan.

Setelah itu, Jokowi mengajak satu per satu duta besar tersebut berbincang santai di beranda belakang Istana Merdeka. Hadir mendampingi Jokowi, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Seusai pertemuan, Retno mengatakan, dari 8 duta besar itu, ada lima yang berkedudukan di Jakarta. Sedangkan tiga duta besar lainnya berkedudukan di luar Jakarta.

"Untuk lima duta besar yang berkedudukan di Jakarta adalah Prancis, Maroko, Portugal, AS, dan Bangladesh. Sementara untuk Mauritius, Rwanda, dan Marshall Island berkedudukan di luar Jakarta. Satu per satu Presiden menerima mereka berdelapan. Dan beberapa hal yang dapat disarikan dari pembicaraan Presiden dan duta besar baru adalah semua negara dan semua dubes yang baru saja menyerahkan surat kepercayaan menilai peran Indonesia yang sangat penting bagi kawasan dan dunia internasional," kata Retno.

 8 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Indonesia menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/1/2017)Foto: Ray Jordan/detikcom
8 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Indonesia menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/1/2017).


Retno melanjutkan, beberapa duta besar secara spesifiik menyampaikan apresiasi yang tinggi atas peran Indonesia di ASEAN dan isu-isu yang terkait dengan kemanusiaan.

"Termasuk isu di Rakhine State sangat dicermati dan diapresiasi oleh hampir semua duta besar yang tadi berbicara dengan Presiden," kata Retno.

Selain itu, para duta besar menyampaikan apresiasi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia yang relatif lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan ekonomi dunia. Para duta besar juga berharap dapat meningkatkan kerja sama bidang ekonomi dengan Indonesia.

"Misalnya Bangladesh, secara spesifik terdapat keinginan yang sangat kuat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dengan Indonesia. Karena Bangladesh penduduknya hampir 170 juta, tahun lalu Indonesia sudah mengekspor 150 gerbong kereta api. Tahun ini kita sedang berusaha untuk meningkatkan ekspor gerbong kereta api kita di sana. Terus kemudian Bangladesh juga memerlukan coal batu bara yang cukup banyak untuk mendukung industrinya," jelas Retno.

8 Dubes Termasuk dari AS Serahkan Surat Kepercayaan ke JokowiFoto: Ray Jordan/detikcom


Berikut ini daftar Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Designate Resident dan Designate Non Resident untuk Republik Indonesia yang menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Presiden Jokowi:

1. Jean Charles Berthonnet, Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Perancis untuk Republik Indonesia.

2. Benabdellah Ouadîa, Duta Besar LBBP Designate Resident Kerajaan Maroko untuk Republik Indonesia.

3. Rui Fernando Sucena Do Carmo, Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Portugal untuk Republik Indonesia.

4. Joseph R Donovan Jr, Duta Besar LBBP Designate Resident Amerika Serikat untuk Republik Indonesia.

5. Mayor Jenderal Azmal Kabir, Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Rakyat Bangladesh untuk Republik Indonesia.

6. Issop Patel, Duta Besar LBBP Designate Non Resident Republik Mauritius untuk Republik Indonesia, berkedudukan di Kuala Lumpur.

7. Guillaume Kavaruganda, Duta Besar LBBP Designate Non Resident Republik Rwanda untuk Republik Indonesia, berkedudukan di Singapura.

8. Tom D Kijiner, Duta Besar LBBP Designate Non Resident Republik Kepulauan Marshall untuk Republik Indonesia, berkedudukan di Tokyo.
(jor/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed