DetikNews
Kamis 12 Jan 2017, 00:14 WIB

Dinamika Pilgub DKI

Agus Janji Prioritaskan Warga ber-KTP DKI dalam Pembangunan

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Agus Janji Prioritaskan Warga ber-KTP DKI dalam Pembangunan Agus Yudhoyono (Audrey Santoso/detikcom)
Jakarta - Calon gubernur DKI nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono berjanji akan membereskan masalah kemiskinan dan ketimpangan sosial di Jakarta. Dia berkata akan memprioritaskan warga ber-KTP Jakarta dalam pembenahan ini.

"Bagi saya, jelas, warga Jakarta yang sudah ada saat ini di Jakarta, itulah yang mendapat prioritas (pembenahan) lebih dulu. Mereka harus benar-benar memiliki standar kehidupan yang layak. Jangan sampai di kota yang megah ini tetapi masih banyak masyarakatnya yang hidupnya sulit," ujar Agus usai kampanye di Jakarta Timur, Rabu (11/1/2017).

Agus tak ingin masalah kemiskinan di Jakarta terus menerus terjadi. Dia juga tak ingin masalah kemiskinan ini menjadi masalah ketimpangan sosial yang menurutnya masih sangat banyak terjadi saat ini di Ibu Kota.

Oleh karenanya, Agus berjanji akan membereskan permasalahan tersebut. Caranya dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jakarta sembari pemerintah provinsi terus membuka lapangan kerja, bekerja sama dengan pelaku-pelaku usaha.

"Jangan sampai kemiskinan semakin dalam, semakin luas dan semakin menjadi permasalahan yang begitu kompleks. Ketimpangan sosial juga masih sangat terjadi di Jakarta ini, itu dulu yang kita beresi," paparnya.

"Tetapi sambil bersamaan, dengan sendirinya kita mencoba untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, membuka peluang-peluang (kerja), tentunya pemerintah sebagai fasilitator untuk membuka lapangan pekerjaan di mana pada akhirnya dunia usaha juga memiliki peranan yang sangat penting untuk meyakinkan masyarakat Jakarta memiliki peluang untuk bekerja dengan baik," sambungnya menjelaskan.

Lantas, Agus berbicara bagaimana nasib para pendatang dari daerah yang mencoba peruntungan dengan mencari kerja di Jakarta. Dia berkata tak bisa mencegah pendatang namun berkata akan terus membenahi sektor lapangan kerja agar semua masyarakat dapat memiliki kehidupan yang layak di Ibu Kota.

"Kalau adapun pendatang, yang melakukan urbanisasi, yang tak dapat dicegah karena mereka punya hak yang sama sebagai warga Indonesia untuk mendatangi Ibu Kotanya dan juga memiliki penghidupan yang baik di Jakarta ini. Tentu kalau itu sudah semakin baik, fundamentalnya sudah semakin baik, mudah-mudahan peluangnya (mencari kerja) sudah semakin terbuka," pungkasnya.


(GBR/dnu)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed