DetikNews
Rabu 11 Jan 2017, 19:26 WIB

Dinamika Pilgub DKI 2017

KPU DKI Siapkan Surat Suara yang Permudah Pemilih Tuna Netra

Kartika S Tarigan - detikNews
KPU DKI Siapkan Surat Suara yang Permudah Pemilih Tuna Netra Foto: Kartika Sari Tarigan/detikcom
Jakarta - KPU Provinsi DKI mulai mencetak surat suara yang akan digunakan pada Pilkada serentak 2017 mendatang. Di antara surat suara yang dicetak, KPU menyediakan template yang akan mempermudah pemilih tuna netra melakukan pencoblosan.

"Pada saat ini KPU DKI Jakarta sedang melakukan proses pengadaan logistik. Surat suara, bilik suara dan formulir-formulir. Terkait surat suara, sudah ditetapkan ketiga pasangan calon, fotonya dan namanya," kata Ketua KPU DKI Sumarno dalam konferensi pers yang digelar di Kantor KPU DKI, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (11/1/2017).

"Kita pun sudah menyiapkan template untuk penyandang tunanetra. Ada huruf braille yang menjelaskan nama paslon (pasangan calon), visi-misi dan penjelasan lainnya," sambungnya.

KPU DKI Siapkan Surat Suara yang Permudah Pemilih Tuna NetraFoto: Kartika Sari Tarigan/detikcom


Template ini nantinya akan dipadukan bersama surat suara yang sudah disiapkan. Pemilih dengan kebutuhan khusus hanya perlu memasukkan surat suara ke dalam template dan mencoblos pasangan calon sesuai pilihannya.

"Jadi nanti ini mempermudah pemilih tunanetra. Tinggal dimasukkan (surat suara ke dalam template), pemilih juga bisa mengetahui letak foto pasangan calon dan penjelasan lainnya di sini," ujar Sumarno.

Komisioner KPU DKI Fadlilah mengatakan ada sebanyak 7,2 surat suara yang tengah dicetak di Makassar. Jumlah itu sesuai dengan daftar pemilih tetap yang tercatat di Jakarta.

"Sebanyak jumlah data pemilih tetap 2,5 persen per TPS (Tempat Pemungutan Suara). Sebanyak 7,108,589 (surat suara) menggunakan regulasi yang ada," kata Fadlilah.

Fadlilah mengaku sudah meninjau langsung lokasi percetakan surat suara. Dia memastikan tidak ada masalah berarti dalam proses yang tengah dilalui.

"Kemarin lakukan peninjauan di tempat produksi. Proses produksi berjalan baik, lancar. Sempet ada isu mati lampu, tapi kami imbau perusahaan antisipasi hal itu. Perusahaan punya genset," ujar Fadlilah.
(kst/erd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +