Naik KRL Tak Sesuai Tiket, Tak Dipenalti tapi Bayar Kelebihan

Dewi Irmasari - detikNews
Rabu, 11 Jan 2017 14:05 WIB
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Salah satu inovasi dari PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) 2017 adalah fare adjusment. Tak ada denda penalti bila tujuan tak sesuai dengan tiket, namun penumpang mesti bayar kelebihannya.

PT KJC menjelaskan fare adjustment merupakan program PT KCJ untuk menghilangkan denda penalti saat pengguna Tiket Harian Berjaminan (THB) kurang bayar atau turun pada jarak stasiun yang lebih jauh atau tak sesuai dengan transaksi pada tiket.

Hal itu disampaikan PT KCJ dalam pemaparan Program Kerja 2017 di Double Tree Hotel by Hilton di Jl Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (11/1/2017).

"Ada konsekuensi kalau sekarang, kami akui, pada saat penumpang kami turun tidak di stasiun sesuai relasinya, mereka akan kena penalti. Tapi, setelah ada fare adjustment itu, mereka bisa turun di dua stasiun selain stasiun tujuannya. Maka mereka bisa membayar kelebihannya," demikian dijelaskan Direktur Utama PT KCJ Muhammad Nurul Fadhila dalam acara itu.

Selain fare adjustment, inovasi pelayanan PT KCJ adalah isi ulang Kartu Multi Trip (KMT) dan Tiket Harian Berjaminan (THB) melalui minimarket, transfer bank jaringan ATM bersama, dan SMS/internet banking. (nwk/try)