Penggantian Antar Waktu, 9 Orang Dilantik Jadi Anggota DPR

Elza Astari Retaduari - detikNews
Selasa, 10 Jan 2017 18:04 WIB
Pelantikan anggota DPR PAW (Elza Astari Retaduari/detikcom)
Jakarta - Sembilan orang dilantik sebagai anggota DPR dalam pergantian antar-waktu (PAW). Beberapa dari mereka menggantikan anggota dari fraksi masing-masing yang mengikuti pilkada.

Pelantikan PAW dilakukan saat sidang paripurna pembukaan masa sidang DPR, Selasa (10/1/2017). Ada sembilan orang yang dilantik. Mereka adalah:

1. Bara Krhisna Hasibuan menggantikan Yati Soepredjo (PAN)
2. Ibnu Munzir menggantikan Enny Anggraeny Anwar (Golkar)
3. TB H Ace Hasan Syadzily menggantikan Andika Hazrumy (Golkar)
4. Bambang Heri Purnama menggantikan Indro Hananto (Golkar)
5. Wasista Bambang Utoyo menggantikan Dodi Reza Alex Noerdin (Golkar)
6. Hartanto Edhie Wibowo menggantikan Wahidin Halim (Partai Demokrat)
7. Anita Jacoba Dah menggantikan Jefirstson R Riwu Kore (Partai Demokrat)
8. Ihwan Datu Adam menggantikan Adji Farida Padmo Ardans (Partai Demokrat)
9. Muhammad Afzal Mahfuz menggantikan Salim S Mengga (Partai Demokrat)

"Sesuai tatib, petugas PAW harus diambil sumpah terlebih dahulu. Apakah dapat kita lakukan pelantikan anggota DPR RI?" ungkap pimpinan sidang paripurna Fadli Zon.

Semua anggota Dewan yang hadir dalam sidang paripurna menyatakan setuju. Sembilan orang anggota DPR baru tersebut maju ke depan untuk mengucap sumpah. Ketua DPR Setya Novanto memimpin pelantikan tersebut.

"Sumpah yang Saudara ucapkan mengandung tanggung jawab untuk mengamalkan Pancasila. Sumpah ini adalah janji kepada Tuhan Yang Maha Esa dan manusia, yang harus ditegakkan," ucap Novanto.

Usai pengucapan sumpah, sembilan anggota DPR baru itu lalu menandatangani surat keputusan. Mayoritas dari mereka menggantikan anggota fraksi yang mundur karena mengikuti pilkada.

Seperti Ibnu Munzir yang menggantikan Enny Anggraeny Anwar, yang maju sebagai calon Gubernur Sulawesi Barat. Lalu Ace Hasan Syadzily menggantikan Andika Hazrumy yang maju sebagai calon Wagub Provinsi Banten.

Sementara itu, Wasista Bambang Utoyo menggantikan Dodi Reza Alex Noerdin yang maju menjadi Bupati Bayuasin, Sumatera Selatan. Ada pula Hartanto Edhie Wibowo menjadi anggota DPR menggantikan Wahidin Halim, yang maju bersama Andika Hazrumy dalam Pilgub Banten. Hartanto adalah adik istri presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono. Anggota DPR yang baru dilantik dari Fraksi Demokrat lainnya adalah Muhammad Afzal Mahfuz. Ia menggantikan Salim S Mengga, yang maju sebagai cagub Sulawesi Barat.

(elz/imk)