DetikNews
Selasa 10 Januari 2017, 16:54 WIB

Pilgub Banten 2017

KPU Umumkan Lomba Aplikasi Pilkada Banten

Bahtiar Rifa'i - detikNews
KPU Umumkan Lomba Aplikasi Pilkada Banten Foto: Bahtiar Rifa'i/detikcom
Jakarta - KPU Banten mengumumkan lomba pemenang aplikasi Pilkada Banten Challange 2016. Perlombaan aplikasi ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Perlombaan aplikasi ini atas kerja sama KPU Banten, Perludem (Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi), dan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tangerang.

Menurut Ketua KPU Banten Agus Supriyatna, kegiatan lomba aplikasi ini dilakukan agar informasi tentang Pilkada Banten dapat diakses oleh masyarakat. Selain itu, untuk pemilih pemula, Pilkada ini bukan momen politik semata. Pilkada, menurutnya, harus dilakukan dengan seni, fun, dan nilai-nilai lokal kebantenan agar semua orang terlibat.

"Fitur ini bagaimana bisa diakses masyarakat Banten. Sehingga masyarakat tahu soal Apps Chalenge ini," kata Agus Supriyatna di Kota Serang, Selasa (10/1/2017).

Direktur Perludem Titi Angraeni mengatakan perlombaan ini diikuti oleh pemilih dari siswa dan mahasiswa se-Banten. Dari 51 aplikasi, kemudian dipilih 5 pemenang.

"Kolaborasi antara penyelenggara Pemilu dengan masyarakat sipil ini merupakan keterbukaan KPU dalam menyajikan data pemilu secara digital," kata Titi.

Selain itu, menurut dia, kegiatan lomba aplikasi ini sudah pernah dilakukan untuk Pemilu Legislatif 2014 dan Pilkada serentak gelombang I pada 2015.

Ada 3 aplikasi yang kemudian menjadi pemenang dan digunakan oleh KPU Banten sebagai alat sosialisasi ke masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pilkada Banten. Ketiga aplikasi ini dapat diunduh di Google Store dan App Store, yaitu:

Aplikasi Sedanten
Aplikasi Sedanten (Sukseskan Pilkada Banten) diambil dari kata dalam bahasa Banten yang artinya "Semuanya". Aplikasi ini berbasis Android berisi informasi pasangan calon, informasi DPT dan DPS, prediksi pemenang yang diisi oleh pengguna, dan juga fitur khusus disabilitas disleksia.

Aplikasi Banten Memilih
Aplikasi berbasis Android yang berisi informasi tanggal pemilihan gubernur dan wakil gubernur, latar belakang kandidat. Dalam aplikasi ini terdapat simulasi mengenai tata cara pemilihan di TPS untuk pemilih pemula.

Aplikasi Sitami
Aplikasi ini berisi informasi dalam bentuk infografik terkait dengan pemilu. Selain itu, pengguna aplikasi ini dapat mengecek langsung data DPT secara online.
(bri/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed