Tambang Galian di Kerinci Longsor, Timbun Truck dan Ekskavator

Muhamad Usman - detikNews
Selasa, 10 Jan 2017 03:34 WIB
Foto: Muhamad Usman/detikcom
Jambi - Tanah longsor terjadi di Desa Siulak Deras Mudik, Kecamatan Gunung Kerinci, Kabupaten Kerinci, Jambi, Senin (9/1/2017) sore. Longsor ini terjadi di lokasi tambang galian C.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Jambi Arief Munandar, tebing yang longsor menimbun 2 alat berat ekskavator dan 11 dump truck.

"Kejadiannya sekitar pukul 15.00 WIB, di dekat aliran Sungai Cubadak. Truk sedang menunggu muatan tanah, kemudian terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan terjadi longsor," kata Arif.

Beruntung, dalam musibah ini, tidak ada korban jiwa. Pihaknya juga sudah mengingatkan perusahaan yang melakukan penambangan di lokasi ini lebih memperhatikan keselamatan pekerja.

"Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Kerinci, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Kejadian sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak perusahaan," ungkapnya.

Arief menyatakan Tim Reaksi Cepat BPBD Kerinci sudah mengevakuasi truk dan alat berat yang tertimbun longsor. Proses evakuasi dibantu menggunakan dua alat berat. (jor/kst)