Ketika Guru dan Siswa Nostalgia Permainan Tradisional Bersama

Muhamad Usman - detikNews
Sabtu, 07 Jan 2017 03:42 WIB
Guru dan siswa bermain permainan tradisional (Foto: Muhamad Usman/detikcom)
Jambi - Siswa dan guru SMP Negeri 1 Jambi memainkan belasan permainan tradisional. Mereka tampak sangat gembira memainkan permainan yang sudah jarang dimainkan anak-anak generasi sekarang.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman sekolah itu dalam rangka kegiatan 'Sehari Bersama Permainan Tradisional'. Menurut Kepala SMP Negeri 1 Jambi, Nanang Sunarya, ada 14 jenis permainan tradisional yang berasal dari berbagai daerah dimainkan oleh para guru dan siswa.

"Di antaranya permainan egrang, yeye, gunting kaleng, lempar pecah piring, tembak kujang, lompat karet, gundu, ekel, dan lainnya," ujar Nanang Sunarya, Jumat (6/1/2017).

Nanang mengatakan anak-anak zaman sekarang dijejali berbagai permainan modern. Untuk itu, permainan tradisional harus dihidupkan kembali.

"Permainan tradisional ini sekarang sudah jarang dimainkan, sehingga kita menghidupkan kembali kepada anak-anak supaya mereka terbangun sportivitasnya. Karakter dan sikap positif dari permainan tradisional itu yang kami ingin tanamkan," jelasnya.

Selain itu, Nanang juga mengatakan permainan tradisional mengandung nilai budaya, kearifan, dan nilai kehidupan. Dia pun berharap melalui permainan ini generasi muda dapat mengenal budaya bangsanya yang penuh keberagaman.

"Guru-guru di sini juga ikut bermain. Mereka juga bisa mengenang permainan yang dulu pernah dimainkan pada waktu masih kecil," ujar Nanang. (dhn/dhn)