Insiden KKR Sabuga, Polda Jabar Bidik 5 Calon Tersangka

ADVERTISEMENT

Insiden KKR Sabuga, Polda Jabar Bidik 5 Calon Tersangka

Baban Gandapurnama - detikNews
Sabtu, 31 Des 2016 07:59 WIB
Kapolda Jabar Irjen Anton Charliyan. (Baban Gandapurnama/detikcom)
Bandung - Buntut insiden terhentinya ibadah Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) Natal di Gedung Sabuga, Jalan Tamansari, Kota Bandung, pada Selasa, 6 Desember 2016, Polda Jabar sudah memeriksa para saksi. Ditreskrimum Polda Jabar, yang menangani perkara ini, tengah membidik sejumlah calon tersangka.

"Sudah 11 orang diperiksa dan kemudian ada lima orang diduga pelaku. Mereka (5 orang) calon tersangka," kata Kapolda Jabar Irjen Anton Charliyan kepada wartawan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jumat (30/12/2016).

Penanganan kasus dilakukan Polda Jabar setelah adanya masyarakat yang membuat laporan. Insiden batalnya sesi kedua KKR di Gedung Sabuga lantaran kedatangan sekelompok massa yang meminta kegiatan itu dilaksanakan di gereja, bukan berlangsung di gedung tersebut.

Anton menegaskan, pihaknya bakal menjerat calon tersangka dengan Pasal 175 KUHPidana. Pasal tersebut berbunyi barang siapa dengan kekerasan atau ancaman kekerasan merintangi pertemuan keagamaan bersifat umum dan diizinkan atau upacara keagamaan yang diizinkan.

"Ancaman pidananya satu tahun empat bulan. Bukti sudah kita sita antara lain surat atau dokumen," ujar Anton. (ern/bag)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT