DetikNews
Kamis 29 Desember 2016, 23:50 WIB

Kemenhub Minta Maaf Soal Pilot Ngelantur dan Minta Citilink Tindak Tegas

Andhika Prasetia - detikNews
Kemenhub Minta Maaf Soal Pilot Ngelantur dan Minta Citilink Tindak Tegas Ilustrasi pesawat Citilink (Foto: Ardan Adhi Chandra)
FOKUS BERITA: Heboh Pilot Citilink
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta maaf atas peristiwa pilot Citilink rute Surabaya-Jakarta yang ngelantur menjelang terbang. Kemenhub pun turut melakukan pemeriksaan kesehatan kepada pilot Citilink itu.

"Kementerian Perhubungan memohon maaf kepada masyarakat Indonesia atas adanya peristiwa pilot Citilink yang diduga mabuk pada saat bertugas," tutur Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Bambang S Ervan dalam rilis yang diterima detikcom, Kamis (29/12/2016).

Ervan juga mengatakan pemeriksaan kesehatan pada pilot itu sedang dilakukan dan menunggu hasilnya. Selain itu, Kemenhub menginstruksikan kepada manajemen Citilink agar memberikan sanksi tegas kepada pilot tersebut.

"Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Udara sedang melakukan pemeriksaan kesehatan lengkap dan teliti terhadap pilot tersebut dan sampai hasil pemeriksaan belum ditetapkan pilot dilarang terbang (grounded). Kemenhub juga menginstruksikan kepada manajemen Citilink untuk mengambil langkah yang tegas kepada yang bersangkutan," kata Ervan.

Ervan menegaskan Kemenhub akan mengambil langkah tegas jika pilot Citilink terbukti melakukan pelanggaran. Sebelumnya, video pilot Citilink yang datang terlambat dan ngelantur dalam penerbangan tujuan Surabaya ke Jakarta menjadi bahan perbincangan.

"Apabila hasil pemeriksaan kesehatan dan pelaksanaan prosedur secara sistematis ditemukan pelanggaran kepada yang bersangkutan akan dikenakan sanksi keras. Kementerian Perhubungan selalu tegas terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh awak pesawat yang dapat membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan," imbuh Ervan.

Manajemen Citilink sudah memberikan sanksi kepada pilot tersebut. Pihak Citilink memberikan sanksi dengan membebastugaskan pilot tersebut.

"Citilink sangat serius dalam menangani masalah ini, hingga saat ini pilot yang bersangkutan sudah dibebastugaskan hingga proses pemeriksaan selesai dan investigasi sedang dilakukan sesuai prosedur," ujar CEO Citilink Indonesia Albert Burhan dalam keterangannya, Kamis (29/12).

Sebelumnya diberitakan, pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG 800 yang seharusnya bertolak pukul 05.00 WIB mengalami hambatan dan baru bertolak sekitar pukul 06.00 WIB. Keterlambatan itu dikarenakan insiden pilot yang ngelantur saat memberikan pengumuman awal jelang terbang.

Sejumlah penumpang mengeluhkan pilot yang ngelantur itu. Namun demikian, penerbangan dipastikan lancar. Setelah itu, laporan masuk ke tim Citilink tentang hal itu. Tim Citilink lantas segera melakukan tindak lanjut dengan memeriksa pilot tersebut dan dilakukan penggantian pilot.
(dkp/dhn)
FOKUS BERITA: Heboh Pilot Citilink
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed