Terminal Pulogebang Beroperasi, Terminal Pulogadung untuk Angkot

Haris Fadhil - detikNews
Rabu, 28 Des 2016 21:02 WIB
Terminal Pulogebang/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Beroperasinya terminal Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, menimbulkan pertanyaan tentang nasib terminal Pulogadung. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah menyatakan terminal Pulogadung tidak akan ditutup.

"Setelah Pulogadung dipindah itu tidak akan ditutup. Aktivitasnya untuk dalam kota saja. AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dipindah ke Pulogebang," kata Andri di terminal Pulogebang, Jalan Raya Bekasi, Cakung, Rabu (28/12/2016).

Andri juga mengungkapkan rencana serupa untuk Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Menurut Andri, Pemprov akan merevitalisasi Terminal Rawa Buaya sebagai akses bus dari dan menuju Sumatera.

"Rawa Buaya sudah ada sembilan hektare lahannya. Itu juga untuk memenuhi transportasi dari dan ke Sumatera. Nantinya dari terminal Kalideres akan kita pindah ke terminal Rawa Buaya," ujar Andri.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga menargetkan seluruh perusahaan otobus (PO) rute ke Jawa Tengah dan Jawa Timur dari Terminal Pulogadung akan pindah semua ke Terminal Pulogebang. Ia akan menutup seluruh terminal bayangan yang selama ini digunakan oleh PO bus.

"Terminal bayangan, kita sudah sepakat tidak ada lagi terminal bayangan. Batas waktu pemindahan hanya satu bulan. Kalau masih ada yang buka kita cabut izin PO dan DKI cabut izin bangunannya," ujar Budi. (HSF/fdn)