DetikNews
Kamis 22 Dec 2016, 12:13 WIB

Cerita Jokowi Dibisiki Putin dan Menteri Perempuan Tahan Uji

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Cerita Jokowi Dibisiki Putin dan Menteri Perempuan Tahan Uji Foto: Maikel Jefriando
Jakarta - Presiden Rusia, Vladimir Putin, pernah berbisik ke Presiden Joko Widodo menanyakan banyaknya menteri perempuan di Kabinet Kerja. Jokowi pun menjawab dirinya memang suka dengan kinerja menteri perempuan.

Kisah ini disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutannya saat perayaan Hari Ibu di Serang, Banten, Kamis (22/12/2016).

Jokowi saat itu sedang melakukan kunjungan kerja ke Rusia dan duduk berdampingan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Dalam sebuah acara penandatanganan kerja sama, Indonesia diwakili oleh menteri-menteri perempuan, seperti Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri BUMN Rini Soemarno, serta Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti.

"Presiden Putin bisik-bisik ke saya. Jokowi kok banyak menteri perempuan?" kata Jokowi menirukan pertanyaan Putin.

Jokowi pun menjawab. "Saya jawab karena saya suka perempuan karena perempuan jeli dan teliti melihat masalah yang ada," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, menteri perempuan yang berada di Kabinet Kerja tidak pernah mengeluh dalam menjalankan tugas. "Saya memilih menteri saya perempuan karena teliti, tahan uji, tidak mengeluh," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan perjuangan seorang perempuan dan ibu tidak hanya bekerja di rumah saja, melainkan dapat bekerja di berbagai sektor.

Jokowi juga meminta untuk tidak meremehkan kinerja seorang perempuan. "Jangan pernah meremehkan. Kalau betul-betul turun tangan, semua selesai," kata Jokowi.

Ada 9 menteri perempuan yang bekerja di Kabinet Kerja Jokowi-JK. Mereka adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator PMK Puan Maharani, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Yohanna Yambise, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.
(aan/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed