Gaya Cagub DKI Tanggapi Hasil Survei Kompas: Ingin Lompat hingga 'Telolet'

Niken Purnamasari - detikNews
Kamis, 22 Des 2016 03:32 WIB
Gaya Cagub DKI Tanggapi Hasil Survei Kompas: Ingin Lompat hingga Telolet
Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom

Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengaku tetap optimistis meskipun berada di peringkat ketiga dalam survei Litbang Kompas. Dia yakin strateginya akan membawa dirinya terdepan pada 15 Februari nanti.

"Jauh sekali (survei Litbang), makanya kita heran tapi nggak apa-apa. Kita seperti kalau balapan lari ini dipotret saat tiga calon lumayan dekat dalam margin," ujar Anies di Jalan Pulonangka, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (21/12)

"Tapi yang penting itu bukan nomor satu atau dua di tanggal 21 Desember. Yang penting itu nomor satu atau dua di 15 Februari. Karena itulah yang menentukan hasil. Bukan hari ini," tambahnya.

Sambil berkelakar, Anies menggunakan fenomena 'Om Telolet Om' untuk menggambarkan survei yang sering kali diadakan sejumlah lembaga saat ini.

"Iya, survei juga ada yang telolet, memang telolet. Ada banyak jenis telolet. Saya lihat survei juga banyak telolet," ujar Anies sambil tertawa setelah berdialog dengan warga di Jalan Bambu, Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (21/12).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga mengkritisi hasil survei Litbang Kompas yang mengakibatkan suaranya jauh turun dari survei lain. Pihaknya merasa sangat ganjil atas survei yang telah dipublikasikan tersebut.

"Kalau sekarang itu lihat hasil Kompas nggak stagnan tuh, hilang. Saya juga heran. Kalau untuk hilang itu ya diperlukan sebuah peristiwa besar. Kalau nggak ada peristiwa besar dan hilang, saya nggak tahu hilangnya di mana," ucapnya.

(nkn/dha)