Pasutri Penyuap Irman Gusman Minta Permohonan Justice Collaborator Dikabulkan

Rina Atriana - detikNews
Selasa, 20 Des 2016 12:40 WIB
Pasutri penyuap Irman Gusman (agung/detikcom)
Jakarta - Suami istri penyuap Irman Gusman, Xaveriandy Sutanto dan Memi, memohon vonis ringan dari majelis hakim. Selain itu keduanya juga meminta majelis hakim mengabulkan permohonan justice collaborator yang mereka ajukan.

"Kami mohon kiranya majelis hakim Yang Mulia berkenan mengabulkan permohonan justice collaborator yang kami ajukan demi kemanusiaan, demi karyawan, dan demi anak-anak kami," kata Memi saat membacakan pledoi mereka berdua di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Selasa (20/12/2016).

"Kami telah bekerja sama, jujur, kooperatif dalam menyampaikan keterangan dan bukti yang signifikan sejak dari permulaan penyidikan," lanjutnya.

Memi menjelaskan, mereka juga langsung memberikan semua password yang dibutuhkan penyidik untuk mengakses dokumen dan aset-aset milik mereka. Hanya saja, ia memohon agar peralatan di perusahaan dan dokumen yang disita oleh KPK dapat dikembalikan karena penting untuk operasional perusahaan.

"Kami mohon kiranya seluruh peralatan, dokumen kerja kami yang disita KPK dapat dikembalikan karena masih sangat kami butuhkan," ujarnya.

Menurut Memi, perusahaannya di ambang kembangkrutan. Padahal, 148 karyawannya meminta perusahaan terus bisa beroperasi.

Terkait lokasi penahanan, Memi dan Sutanto memohon ditempatkan di lapas atau rutan di Kota Padang.

"Kami juga memohon kepada yang mulia agar kami dapat menjalani masa hukum pidana kami di lapas atau rutan kelas 2B di Anak Air, Kota Padang. Mengingat anak-anak kami yang di bawah umur berada di Kota Padang. Sehingga memudahkan anak-anak kami menengok dan berkunjung tanpa perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar," pinta Memi. (rna/asp)