DetikNews
Selasa 20 Desember 2016, 11:56 WIB

Juara Karya Tulis, Mahasiswi President University Ini Ingin Ilmunya Bermanfaat

Niken Widya Yunita - detikNews
Juara Karya Tulis, Mahasiswi President University Ini Ingin Ilmunya Bermanfaat Mahasiswi President University Pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah (Foto: Dok. President University)
Surakarta - Mahasiswi President University, Annisa Nur Wahyuni, bersama rekannya Hiqmatus Sholichah menyabet juara satu lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional (LKTIN). Mahasiswa semester I itu mengalahkan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB).

Lomba ini diadakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Center of Social and Political Research (Censor) Festival 2016 di Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (18/12/2016).
 Juara Karya Tulis, Mahasiswi President University Ini Ingin Ilmunya BermanfaatFoto: Dok. President University

Dalam rilis yang diterima Selasa (20/12/2016), pada LKTIN kali ini Censor mengangkat tema 'Peran Pemuda dalam Pembangunan Keseimbangan Perkotaan. Annisa dan Hiqmatus mengangkat judul karya ilmiah 'Peran Pemuda Bricus-System Sebagai Inovasi Membangun Perkotaan Berbasis Bio Cyclo Farming' dengan subtema lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Annisa dari jurusan teknik mesin dan Hiqmatus Sholichah dari jurusan teknik lingkungan menyabet gelar juara satu dengan skor 216,7. Posisi kedua diduduki oleh ITB dengan skor 202,7. Juara ketiga diisi oleh Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) dengan skor 201. Juara harapan I diduduki oleh Universitas Brawijaya dan juara harapan II diduduki oleh Universitas Negeri Jember.

Mahasiswa semester I itu mengalahkan 12 tim pada babak final dan 53 tim pada tahap seleksi dari 25 universitas besar di Indonesia. Universitas tersebut adalah Universitas Airlangga, Institut Teknologi Bandung, Universitas Negeri Mataram, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Jember, Universitas Sumatera Utara, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, STAIN Pamekasan, Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Negeri Padang, Universitas Slamet Riyadi, Universitas Indonesia, Universitas Hasanuddin, Undiknas, Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Brawijaya, IAIN Tulungagung, UPN 'Veteran' Jawa Timur, Universitas Tanjungpura Pontianak, STKIP Siliwangi Bandung, Universitas Kanjuruhan Malang, Universitas Pendidikan Indonesia, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Andalas.
 Juara Karya Tulis, Mahasiswi President University Ini Ingin Ilmunya BermanfaatFoto: Dok. President University

Hiqmatus mengatakan, dia dan Annisa ingin ilmunya dapat bermanfaat bagi masyarakat. Bahkan ilmunya tersebut bersifat kekal.

"Kita hanya ingin berkontribusi kepada masyarakat. Karena ilmu yang bermanfaat akan kekal di dunia maupun di akhirat," ujar Hiqmatus seusai lomba saat diwawancarai pada Senin (19/12/2016).
 Juara Karya Tulis, Mahasiswi President University Ini Ingin Ilmunya BermanfaatFoto: Dok. President University

Annisa juga menambahkan, penghargaan ini bukanlah apa-apa. Yang terpenting adalah niat mengimplementasikannya agar bermanfaat di lingkungan masyarakat.

President University merupakan kampus yang terletak di kawasan industri Jababeka Cikarang, yang merupakan kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara. Saat ini President University memiliki total mahasiswa 5.000, di mana 20 persennya adalah mahasiswa asing. Selamat atas kemenangannya!
(nwy/mpr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed