DetikNews
Senin 19 Desember 2016, 04:37 WIB

Panglima TNI Sebut Indonesia Masih Butuh Pesawat Hercules

Muhammad Aminudin - detikNews
Panglima TNI Sebut Indonesia Masih Butuh Pesawat Hercules Foto: Panglima TNI Jenderal Gatot di Dekat Peti Jenazah Korban Hercules (M Aminudin/detikcom)
FOKUS BERITA: Hercules Jatuh di Wamena
Malang - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan pesawat Hercules masih dibutuhkan oleh TNI Angkatan Udara. Alasannya, kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari banyak pulau hanya mampu dijangkau oleh Hercules.

"Tidak ada moratorium untuk Hercules, kita masih membutuhkan, karena geografis wilayah," tegasnya kepada wartawan di Lanud Abdulrachman Saleh, Senin (19/12/2016), dini hari.

Dia juga menegaskan, instruksi Presiden Joko Widodo agar tidak lagi membeli pesawat bekas, sudah dijalankan sejak tragedi jatuhnya Hercules di Medan, tahun lalu.

"Sudah kami jalankan, soal pembelian pesawat harus baru. Itu mulai diberlakukan pascakecelakaan di Medan," tandasnya.

Ditambahkan, kebijakan tersebut juga berlaku bagi kekuatan alutista di lingkungan TNI. "Alutista juga begitu," tambahnya.

Gatot Nurmantyo datang ke Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh untuk memberikan penghormatan terakhir terhadap 12 kru pesawat Hercules A-1334 jatuh di Gunung Tugima, Wamena, Papua, Minggu (18/12/2016), pagi.


(dnu/dnu)
FOKUS BERITA: Hercules Jatuh di Wamena
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed