DetikNews
Minggu 18 Desember 2016, 23:13 WIB

Usai Insiden di Wamena, KSAU: Kita Perbaharui Mesin Pesawat-pesawat Hercules

Muhammad Aminudin - detikNews
Usai Insiden di Wamena, KSAU: Kita  Perbaharui Mesin Pesawat-pesawat Hercules Foto: Hercules block di runway Bandara Malang (Istimewa)
Jakarta - Hercules tipe C 130 HS dengan nomor registrasi A-1334 jatuh di Wamena Papua, mengakibatkan 13 awak pesawat meninggal dunia. Pesawat yang sudah digunakan di Australia sejak dekade 1980-an itu tergolong uzur.

Menyangkut peremajaan pesawat Hercules, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriyatna menyebutkan hal itu telah ada dalam rencana strategis TNI AU 2015-2019. Sudah direncanakan pula untuk memperbaharui keseluruhan pesawat yang dimiliki.

"Kita sudah berupaya melakukan pencegahan, termasuk upgrade engine (pembaharuan mesin) pesawat. Khusus Hercules juga begitu, semua dalam pembahasan di Kemenhan (Kementerian Pertahanan)," kata Agus yang hadir untuk memimpin upacara militer di hanggar Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang, Minggu (18/12/2016) malam.

Dia mengaku, Hercules tipe B sudah digrounded bersama pesawat F-5 dan Hawk. Kini yang dimiliki adalah pesawat yang lebih dari pesawat sebelumnya. Berapa jumlah kekuatan Hercules dimiliki TNI AU juga tidak disebut pasti oleh KASAU. Dia hanya memberikan penjelasan jika pesawat Hercules A-1334 merupakan satu dari lima pesawat yang berasal dari Australia.

"Tipe B sudah digrounded, upgrade engine sudah. Yang kini ada juga diupayakan untuk diupgrade juga," aku dia.

(Baca juga: Hercules yang Jatuh di Wamena Hibah dari Australia, Tiba di RI Februari 2016)
(Baca juga: TNI AU: Hercules yang Jatuh di Wamena Sudah Dipakai di Australia Sejak '80-an)

Sebelumnya diberitakan, pesawat Hercules yang jatuh itu adalah satu dari sejumlah pesawat hibah dari Australia. Ternyata, pesawat itu sudah digunakan oleh Angkatan Udara Australia sejak dekade '80-an.


(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed