DetikNews
Minggu 18 Desember 2016, 12:20 WIB

Wakasau: Hercules yang Jatuh di Wamena Rutin Diservis

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Wakasau: Hercules yang Jatuh di Wamena Rutin Diservis Konferensi pers Wakasau soal jatuhnya Hercules di Wamena/Foto: Aditya Indrawani/detikcom
FOKUS BERITA: Hercules Jatuh di Wamena
Jakarta - Pesawat Hercules bernomor A-1334 milik TNI AU yang mengalami kecelakaan di Gunung Tugima, Wamena, Papua pagi tadi diketahui masih laik terbang. Hal itu diketahui karena masih tersisa 69 jam terbang sebelum maintenance berikutnya.

"Pesawat ini masih sangat laik terbang. Karena sebelum terbang pun pesawat ini sudah serviceable, dan masih punya 69 jam lebih sebelum ke perawatan 100 jam selanjutnya," ujar Wakil Kepala Staf Angkatan Udara Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja dalam konferensi pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (18/12/2016).

Hadiyan mengatakan pesawat Hercules C 130 HS dengan nomor registerasi A 1334 dan biasa digunakan untuk pesawat latih maupun angkut ini rutin mendapat perawatan, sebelum kembali melakukan misi penerbangan.

"Setiap 50 jam sekali pesawat mendapat perawatan baik ringan, sedang dan berat. Semuanya sesuai jam terbang pesawat itu dan pesawat ini masih tersisa 69 jam lagi sebelum perawatan selanjutnya," jelas Hadiyan.

Diketahui ada 12 orang kru dan 1 penumpang dinas berada dalam penerbangan ini. Pesawat yang dipiloti oleh Mayor Pnb Marlon A Kawer berangkat dari Timika pukul 05.35 WIT dan dijadwalkan mendarat di Wamena pukul 06.13 WIT. Namun pukul 06.09 WIT, pesawat mengalami lost contact.


(adf/fjp)
FOKUS BERITA: Hercules Jatuh di Wamena
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed