DetikNews
Jumat 16 Desember 2016, 17:29 WIB

Wakapolri Sambut 13 Jenazah Korban Pesawat Skytruck di Lanud Pondok Cabe

Bartanius Dony A - detikNews
Wakapolri Sambut 13 Jenazah Korban Pesawat Skytruck di Lanud Pondok Cabe Foto: Bartanius Dony A/detikcom
Jakarta - Tiga belas jenazah korban pesawat Skytruck M28 tiba di Lapangan Udara Pondok Cabe. Upacara 13 jenazah itu dipimpin langsung Wakapolri Komjen Syafruddin.

Iring-iringan peti jenazah tiba di Mako Direktorat Polisi Udaha Baharkam Pondok Cabe, Tangerang Selatan sekitar pukul 16.00, Jumat (16/12/2016). Tiga belas jenazah itu disambut ratusan keluarga serta para prajurit dengan diiringi instrumen tanda penghormatan. Suasana haru menyelimuti kedatangan para prajurit yang gugur.

Wakapolri Sambut 13 Jenazah Korban Pesawat Skytruck di Lanud Pondok CabeFoto: Bartanius Dony A/detikcom


"Dengan ini, saya Drs Syafruddin, MSi Komisaris Jenderal, selaku Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia menerima 13 jenazah prajurit," ujar Syafruddin saat memimpin upacara penerimaan jenazah.

Seluruh prajurit yang telah gugur akan diberikan kenaikan pangkat luar biasa. Penyerahan jenazah hari ini dari Polda Kepulauan Riau kepada keluarga, kemudian pemakaman akan dilaksanakan besok pagi.

Wakapolri Sambut 13 Jenazah Korban Pesawat Skytruck di Lanud Pondok CabeFoto: Bartanius Dony A/detikcom


Dari semua jenazah, ada empat jenazah yang akan dimakamkan di area Jabodetabek, sisanya dimakamkan di kampung halaman masing-masing. Saat ini dilaksanakan salat untuk jenazah muslim dan ibadah misa atau kebaktian arwah untuk korban non muslim.

Wakapolri Sambut 13 Jenazah Korban Pesawat Skytruck di Lanud Pondok CabeFoto: Bartanius Dony A/detikcom
Kemudian, bagi anggota keluarga yang tidak bekerja sebagai PNS akan dicarikan pekerjaan oleh pihak kepolisian. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan santunan.

"Itu yang sedang dipertimbangkan, diperhitungkan. Kebetulan juga keluarga korban ada sebagian pegawai negeri. Jadi yang tidak, kita akan carikan pekerjaan. Untuk anaknya kita siapkan menjadi polisi," ucap Syafruddin.

Dengan adanya kejadian ini, Syafruddin juga akan meningkatkan fasilitas, sarana dan prasarana kepada seluruh prajurit polisi.

"Itu pasti, akan meningkatkan fasilitas, sarana prasarana, perawatan, pesawat akan diperbaharui," ujarnya.

Saat ini Polri tinggal memiliki satu unit pesawat Skytruck, dari empat yang sudah dimiliki, tiga diantaranya mengalami kecelakaan. Untuk itu, Syafruddin menegaskan akan menggantinya dengan pesawat yang baru.

"Kita akan ajukan, pesawat yang lain. SOP diperbaiki. Kita akan mengganti dengan pesawat yang baru," pungkasnya.
(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed