Siswa SMP Tewas Tertimpa Gerbang Sekolah, Ini Tanggapan Disdik DKI

Siswa SMP Tewas Tertimpa Gerbang Sekolah, Ini Tanggapan Disdik DKI

Rina Atriana - detikNews
Jumat, 16 Des 2016 05:31 WIB
Gerbang di SMPN 197 Kebon Jeruk yang tengah direhab (Foto: Istimewa)
Gerbang di SMPN 197 Kebon Jeruk yang tengah direhab (Foto: Istimewa)
Jakarta - M Aditya, pelajar SMPN 197 Pesing Gadog, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, tewas tertimpa gerbang sekolahnya. Menurut Dinas Pendidikan DKI Jakarta, sebelumnya tak pernah ada keluhan apapun terkait gerbang tersebut.

"Tidak ada (laporan). Sejauh ini baik-baik saja," kata Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Bowo Irianto saat dikonfirmasi, Kamis (15/12/2016) malam.

Menurut Bowo, belakangan siswa-siswi SMPN 197 tengah menumpang belajar di gedung SD yang ada di sebelahnya. Hal tersebut lantaran gedung SMPN 197 tengah direnovasi.

Kejadian pada Kamis (15/12) kemarin memang terjadi saat banyak anak-anak yang bermain di sekitar gedung SMP yang belum selesai direnovasi. Termasuk salah satunya Aditya yang bermain di sekitar gerbang.

"Mereka itu sedang numpang di SD di sebelahnya, tapi memang suka ada yang main-main di area yang sedang direhab," tutur Bowo.

"Memang namanya anak-anak kan, mereka malah main-main. Gerbangnya digoyang-goyang, padahal sudah diperingatkan berkali-kali oleh pihak sekolah," jelasnya.

Baca juga: Pelajar SMP di Kebon Jeruk Tewas Tertimpa Gerbang Sekolah

Sebelumnya, Kanit Reskrim Polsek Kebon Jeruk AKP Andry Rodatama mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Kamis (15/12) sekitar pukul 12.00 WIB. Aditya terluka di bagian kepala dan meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

"Pagar gerbang sekolah tersebut sedang dalam proses pembangunan (finishing), kemudian dimainkan sama anak-anak sekolah ini," ujar Andry dalam keterangannya, Kamis (15/12).

Polisi telah memeriksa sejumlah saksi di antaranya office boy sekolah, dan kontraktor yang mengerjakan gerbang tersebut. Polisi menyebut peristiwa tersebut sebagai kecelakaan. (rna/rna)