Sejak Kapan Anak-anak Jepara Gandrung pada "Bus Telolet"?

Nograhany Widhi K - detikNews
Kamis, 15 Des 2016 12:52 WIB
Foto: Fenomena
Jakarta - Heboh video anak-anak di Ngabul, Jepara, menanti bus dan meminta sopir membunyikan klaksonnya yang unik. Sejak kapan fenomena yang disebut "bus telolet" ini terjadi?

"Itu belum ada sebulan, baru kurang dari sebulan. Awalnya cuma 5 anak, 4 anak," kata Ketua Umum Bis Mania Community (BMC) Arief Setiawan dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (15/12/2016).

Arief mengetahui persis fenomena "bus telolet" ini karena dia adalah warga Jepara yang juga seorang komuter Jepara-Jakarta-Jepara dengan bus.

"Awalnya sebenarnya anak-anak kecil yang dengar klakson bus suaranya unik. Pertama anak-anak kecil, kemudian orangtua ada yang ngumpul ramai-ramai, kemudian cerita-cerita ke tetangganya, dan akhirnya ikut pada berkumpul di situ," jelas Arief yang kini sedang berada di Kudus, Jawa Tengah.



Warga biasanya menantikan "bus telolet" itu di pinggir jalan, di kawasan Ngabul, Jepara, Jawa Tengah sekitar pukul 16.00 WIB hingga magrib. Wilayah Ngabul Jepara, menurutnya, adalah tempat garasi-garasi bus antar kota dari beberapa perusahaan otobus.

"Karena di Ngabul itu tempat garasi bus malam. Bus-bus itu keluar dari Ngabul berangkatnya bebarengan setelah sebelumnya ambil penumpang dari kecamatan-kecamatan. Jadi busnya berangkat bareng ramai-ramai jam 4 sore sampai magrib. Magrib biasanya bubar," tuturnya.

Fenomena "bus telolet" ini, menurut Arief, sudah lama ada di beberapa wilayah, seperti di Solo, di dekat Terminal Poris Tangerang dan sebagainya.

"Mungkin di Jepara ada yang mulai karena pernah lihat di TV, di media sosial, akhirnya banyak yang ikut-ikutan," jelas dia.

Namun sayang, fenomena "bus telolet" ini membuat warga menyemut di kanan-kiri jalan, membuat jalan menyempit hingga menimbulkan macet.

Sejak Kapan Anak-anak Jepara Gandrung pada Foto: Fenomena "bus telolet" di Ngabul, Jepara (Foto: tangkapan layar Youtube Bis Mania Community)


"Warga datang satu-satu, akhirnya ramai, dulu nggak macet, lama kelamaan jadi macet karena ada yang sampai memberhentikan bus minta sopir membunyikan klakson dan direkam teloletnya," papar dia.

Aksi viral anak-anak Jepara itu bertebaran di Youtube dengan fenomena berjudul "Bus Telolet". Seperti yang diunggah akun Bis Mania Community pada 10 Desember 2016 lalu yang ditengok detikcom, Kamis (15/12/2016) dengan judul "HEBOH BUS TELOLET#: NGABUL PUNYA CERITA "TELOLET".

Dalam video itu, disebutkan lokasinya di Ngabul, Jepara. Para warga menyemut di kanan-kiri jalan, termasuk anak-anak. Beberapa anak bahkan membuat poster dari kardus bertuliskan "Om! Telolet :)".

Yang dinantikan anak-anak di pinggir jalan adalah bus-bus antar kota yang melintasi jalan itu. Papan itu adalah pesan pada sang sopir untuk membunyikan klaksonnya yang unik dan berlagu. Alih-alih sekedar "Tin tiiin" panjang yang memekakkan telinga, bunyi klaksonnya "Telolet telolet" yang membentuk nada-nada lucu. (nwk/tor)