DetikNews
Kamis 15 Desember 2016, 10:18 WIB

Jepang Berikan Bantuan 500 Tenda Pengungsi Korban Gempa Aceh

Heldania U Lubis - detikNews
Jepang Berikan Bantuan 500 Tenda Pengungsi Korban Gempa Aceh Foto: Wapres JK hadiri acara penyerahan bantuan untuk korban gempa Aceh dari Pemerintah Jepang (Heldania Lubis/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) memberikan bantuan berupa 500 tenda darurat untuk pengungsi korban gempa bumi Aceh. Prosesi penyerahan bantuan secara simbolis dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla

JK tiba di lokasi acara World Tsunami Awareness Day 2016 yang digelar di Hotel Fairmont, Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta, Kamis (15/12/2016) sekitar pukul 09.00 WIB. Bantuan secara simbolis diberikan Dubes Jepang untuk Indonesia Tanizaki Yasuaki kepada Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dody Ruswandi.

Direktur JICA Indonesia Ando Naoki dan anggota Parlemen Majelis Rendah Jepang Fukui Teru juga hadir dalam penyerahan bantuan. Rencananya 500 tenda pengungsi itu rencananya akan langsung dikirimkan ke Aceh hari ini.

"Kita tentunya berterima kasih dan berharap penanggulangan bencananya cepat teratasi, itu ya terima kasih," kata JK kepada wartawan usai acara.

JK menekankan pentingnya kesiapan masyarakat menghadapi bencana. Hal ini penting disampaikan untuk menghindari jatuhnya korban.

"Yang penting kultur itu sudah jalan, di Padang kalau ada gempa pasti lari ke tempat yang lebih (tinggi) di Padang, jadi risiko bencananya bisa berkurang," ujarnya.

Korban meninggal dunia akibat gempa Pidie Jaya berkekuatan 6,5 SR pekan lalu mencapai 102 orang. Rincian sebaran wilayah korban tewas yakni 96 orang di Pidie Jaya, 4 orang di Kabupaten Pidie dan 2 orang di Kabupaten Bireun. Sementara total korban luka mencapai 857 orang dan jumlah pengungsi mencapai sekitar 80 ribu orang.
(idh/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed