DetikNews
Kamis 08 Desember 2016, 13:26 WIB

Gempa Aceh

BNPB Kirim Bantuan Rp 3,5 M, Termasuk 10 Unit Genset ke Lokasi Gempa Aceh

Galang Aji Putro - detikNews
BNPB Kirim Bantuan Rp 3,5 M, Termasuk 10 Unit Genset ke Lokasi Gempa Aceh Foto: Muhammad Abdurrosyid/detikcom
Jakarta - Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, yang paling parah terdampak gempa juga mengalami permasalahan listrik. Bantuan berupa genset pun dikirimkan.

"BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) sendiri pada sore ini mengirimkan bantuan senilai Rp 3,5 miliar dalam bentuk tenda posko 10 buah, genset kapasitas 2.800 watt sebanyak 10 unit, makanan, family kit dan lainnya," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Kamis (8/12/2016).

Bantuan itu akan dikirimkan menggunakan pesawat terbang kargo dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, ke Bandara Blang Bintang, Aceh Besar. Selain itu, Sutopo juga mengatakan bantuan juga mengalir dari kementerian dan lembaga lain.

Sebelumnya diberitakan pada Rabu (7/12), listrik di sepanjang jalan lintas Banda Aceh-Medan di Pidie Jaya hampir seluruhnya padam. Hanya beberapa tempat yang listriknya menyala seperti di SPBU dan posko pengungsian. Itu pun karena menggunakan mesin sendiri atau genset.

Warga rata-rata berkumpul di sekitar posko pengungsian yang tersebar di beberapa titik. Mereka mendirikan tenda di lokasi yang dianggap aman. Ada juga lokasi pengungsi dengan penerangan seadanya.

"Ada tiang listrik tumbang dan kabel listrik putus. Waktu gempa listrik langsung padam," kata Said Husein, seorang warga Meureudu kepada detikcom.
(dhn/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed