DetikNews
Kamis 08 Desember 2016, 01:15 WIB

Gempa Aceh

Cari Korban di Reruntuhan, BNPB Kirimkan Tim Ahli Collapse Building ke Aceh

Ahmad Masaul Khoiri - detikNews
Cari Korban di Reruntuhan, BNPB Kirimkan Tim Ahli Collapse Building ke Aceh Personel TNI mencari korban Gempa Aceh di reruntuhan bangunan secara manual. Foto: Dok. TNI AD
Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirimkan tim ahli 'collapse building' ke wilayah terdampak gempa di Aceh. Mereka berangkat sore tadi untuk mencari korban yang masih tertimpa bangunan.

"BNPB tadi sore telah mengirimkan tim ahli 'collapse building'. Artinya tim ahli, tim SAR yang memang ahli di dalam reruntuhan bangunan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jl Pramuka, Jakarta Timur, Rabu (7/12/2016).

Selain itu, lembaga penanganan bencana nasional Indonesia ini akan mengirimkan bantuan logistik dan peralatan tambahan. Proses distribusinya akan menggunakan pesawat TNI AU dan pesawat kargo.

"Kemudian BNPB akan mengirimkan bantuan logistik dan peralatan. Nantinya akan diterbangkan dengan 2 pesawat hercules TNI AU dan 1 pesawat khusus kargo BNPB untuk memberikan bantuan ke Kabupaten Pidie Jaya," ucap Sutopo.

Hingga saat ini, pemerintah masih melakukan pendataan berkenaan apa saja kebutuhan masyarakat terdampak gempa. Sutopo menyatakan pihaknya pun akan melakukan koordinasi secara terus menerus sampai wilayah tersebut pulih kembali.

"Sore ini, Menkes sama Pak Teten ke Aceh. Malam ini pun kami akan rapat koordinasi dan akan membahas kendala apa saja dalam penanganannya," ujar dia.

"Seusai masa tanggap selesai, BNPB akan tetap ada di sana bahkan sampai ke pemulihan dan rekonstruksi. Nanti mengenai kebutuhannya berapa, BNPB akan ikut membahasnya," imbuh Sutopo.

Seperti diketahui, berdasarkan data terakhir dari BNPB, ada 94 orang korban tewas tersebar di tiga kabupaten yaitu Pidie Jaya, Bireun, dan Pidie akibat gempa. Sebagian korban sudah teridentifikasi dan sebagian lagi masih dalam proses pendataan. Ada juga laporan korban hilang.

Korban luka sendiri berjumlah 128 orang luka berat, dan 489 orang luka ringan. Selain korban jiwa dan luka, gempa berkekuatan 6,5 SR yang mengguncang Aceh juga menyebabkan ratusan bangunan rusak.
(msl/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed