DetikNews
Rabu 07 Desember 2016, 13:34 WIB

Gempa Aceh

Gempa 6,5 SR di Aceh, Polri Turunkan Tim DVI

Idham Kholid - detikNews
Gempa 6,5 SR di Aceh, Polri Turunkan Tim DVI Foto: Kombes Rikwanto/ Idham detikcom
Jakarta - Polri menerjunkan Tim Disaster Victim Identifikation (DVI) ke Aceh terkait gempa berkekuatan 6,5 SR yang terjadi di wilayah itu. Tim DVI akan melakukan proses identifikasi korban gempa.

"Tim DVI sudah diturunkan, langsung diberangkatkan ke sana, jadi yang pertama berangkat itu kita monitor tadi pagi langsung ke lapangan (bersama) tim relawan setempat," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Kombes Rikwanto di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (7/12/2016).

Ditambahkannya, Tim SAR, Kapolres Pidie dan lainnya juga langsung bergerak sejak pagi tadi untuk mencari dan mengevakuasi korban.

"Mereka door to door, di mana ada gedung runtuh, mereka datangi mereka panggil-panggil sambil bertanya kepada pemilik gedung itu yang selamat, kira-kira di sana siapa saja yang masih terkurung di reruntuhan," ujarnya.

Pagi tadi, ditambahkan Rikwanto, Tim gabungan bekerja dengan peralatan manual dalam mencari korban maupun sumber suara yang minta pertolongan.

"Di reruntuhan untuk mencari yang teriak-teriak minta tolong. Tapi tadi pagi peralatannya masih manual, apa adanya. Ada palu, gergaji apapun yg ada disitu. Peralatan berat mudah-mudahan siang ini datang," kata Rikwanto.

Lalu, apa yang dibutuhkan mendesak saat ini di Aceh?

"Yang jelas kesehatan, pengobatan, rumah sakit darurat, kemudian makanan, pakaian, perbaikan lingkungan, air bersih untuk MCK, itu yang pertama dulu," ujarnya.


(idh/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed