DetikNews
Rabu 07 Desember 2016, 12:01 WIB

Berduka Atas Gempa Aceh, Ketua MPR Minta Pemerintah Segera Kirim Bantuan

Noval Dhwinuari Antony, - detikNews
Berduka Atas Gempa Aceh, Ketua MPR Minta Pemerintah Segera Kirim Bantuan Foto: dok. MPR RI
Jakarta - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyampaikan belasungkawa dan keprihatinan yang sedalam-dalamnya atas musibah gempa bumi 6,5 SR di Pidie Jaya, Aceh. Kejadian yang berlangsung pukul 05.03 WIB pagi tadi ini, telah menelan korban jiwa, korban luka parah, serta merusakkan ratusan bangunan.

"Saya menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya atas musibah gempa di Pidie Aceh yang menimbulkan korban jiwa dan luka. Saya mendoakan agar korban yang meninggal diterima di sisi-Nya dan Allah SWT memberikan ketabahan kepada keluarga," jelas Zulkifli dalam keterangan tertulisnya.

Dia kemudian berharap kepada pemerintah dan aparat berwenang untuk segera bertindak memberi pertolongan. "Kepada pemerintah daerah dan pihak-pihak yang berkompeten agar segera memberikan bantuan secepatnya kepada korban rakyat terdampak," jelasnya lagi.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi yang terjadi adalah gempa bumi tektonik dengan kekuatan 6,5 SR. Pusat gempa terdeteksi di 5,25 lintang (LU) utara dan 96,24 bujur timur (BT), tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km. BMKG memastikan bahwa gempa tidak memicu tsunami.

Guncangan kuat terjadi di beberapa wilayah seperti Pidie Jaya, Pidie, Aceh Besar, Sabang, Bireun, Lhokseumawe, usugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI).

Sementara itu Bupati Pidie Jaya, Aceh, Aiyub Ben Abbas, menyebut kerusakan parah yang terjadi di wilayahnya akibat guncangan gempa. Saat ini para korban sudah dibawa ke rumah sakit. Sedangkan proses evakuasi masih terus dilakukan.

Hingga siang ini tercatat 25 orang meninggal dunia akibat gempa. Sementara korban luka berat mencapai 26 orang.
(fjp/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed