DetikNews
Rabu 07 Desember 2016, 11:49 WIB

Gempa Aceh

Korban Gempa 6,5 SR Dibawa ke RS Pidie Jaya dan RS Chik Ditiro

Erwin Dariyanto - detikNews
Korban Gempa 6,5 SR Dibawa ke RS Pidie Jaya dan RS Chik Ditiro Foto: Reuters
Jakarta - Gempa bumi berkekuatan 6,5 skala richter yang melanda Pidie Jaya, Aceh mengakibatkan korban jiwa dan luka-luka. Komandan Kodim 0102/Pidie, Letnan Kolonel Infanteri Usik Samwa Parana mengatakan korban luka ringan maupun berat dibawa ke Rumah Sakit di Pidie Jaya dan Rumah Sakit Tengku Chik Ditiro, Kabupaten Pidie, Aceh untuk menjalani perawatan medis.

"Korban luka ada yang di Rumah Sakit Pidie Jaya ada yang di Rumah Sakit Tengku Chik Ditiro, Pidie," kata Letkol Usik ketika dikonfirmasi detikcom, Rabu (7/12/2016).

Terhadap korban yang meninggal dunia, TNI juga membantu dalam proses pemakamanannya. Menurut data Kodim 0102/Pidie ada sekitar 24 korban meninggal dunia akibat gempa 6,5 SR tersebut.

Menurut Letkol Usik, prajuri TNI sejak terjadinya gempa pada sekitar pukul 05.03 tadi terus bergerak membantu warga. Prajurit TNI membantu mengevakuasi korban yang tertimbun reruntuhan bangunan, juga membawa korban luka ke rumah sakit.

"Kami sejak pagi tadi terus bergerak membantu mengevakuasi warga, juga mencari korban yang kemungkinan tertimbun reruntuhan bangunan," kata Letkol Usik.

Gempa berkekuatan 6,5 skala richter terjadi di Pidie Jaya pada pagi tadi pukul 05.03 WIB yang mengakibatkan sejumlah bangunan dan fasilitas umum rusak. Beberapa bangunan roboh dan sejumlah ruas jalan juga retak. BMKG mencatat gempa bumi terjadi pukul 05.03.36 WIB dengan kekuatan M=6,4 di wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh. Pusat gempa bumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km.


(erd/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed