DetikNews
Rabu 07 Desember 2016, 11:35 WIB

Gempa Aceh

Pemprov Aceh Segera Keluarkan Status Tanggap Darurat

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Pemprov Aceh Segera Keluarkan Status Tanggap Darurat Gempa di Aceh/ Foto: Istimewa
Jakarta - Gempa 6,5 SR yang mengguncang Kabupaten Pidie, Aceh, menimbulkan kepanikan dan membuat banyak korban berjatuhan. Plt Gubernur Aceh Soedarmo akan segera mengeluarkan status tanggap darurat di daerah terdampak gempa.

"Karena ini menimbulkan kepanikan ya, saya pikir sudah banyak korban juga, saya minta bupati harus mengkaji tanggap darurat," ujar Soedarmo di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (7/12/2016).

Keluarnya status tanggap darurat dianggap sangat penting untuk mengeluarkan dana yang dibutuhkan untuk membantu korban gempa.

"Prosedurnya gitu ditetapkan dulu tanggap darurat nah supaya kita bisa mengeluarkan peraturan gubernur tentang penetapan atau pemberlakuan tanggap darurat. Ini juga kita lakukan," terangnya.

Yang terpenting saat ini, lanjut Soerarmo adalah upaya pemerintah daerah untuk segera memberikan bantuan kepada korban.

Pemerintah provinsi Aceh akan menggunakan sumber dana daerah tanpa perlu meminta bantuan dari Pusat

"Kita tidak minta bantuan ke pusat tapi kita mengerahkan segala upaya yang ada di daerah. Nah ini yang kita lakukan," ucapnya.

Dirinya juga telah berkoordinasi dengan jajaran instansi pemerintah daerah untuk segera turun ke lapangan membantu korban dan melakukan pendataan.

"Semua menuju lokasi untuk meninjau masing-masing sesuai dengan tupoksinya. Apa yang bisa diberikan, bantuan apa yang bisa diberikan ke masyarakat," ujarnya.
(fiq/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed