DetikNews
Rabu 07 Desember 2016, 10:50 WIB

Gempa Aceh

Plt Gubernur Aceh: Kebutuhan Obat dan Alat Berat Jadi Prioritas

Ray Jordan - detikNews
Plt Gubernur Aceh: Kebutuhan Obat dan Alat Berat Jadi Prioritas Foto: Istimewa
Jakarta - Plt Gubernur Aceh Soedarmo sudah memerintahkan seluruh kepala dinas terkait untuk menuju ke lokasi gempa di Kabupaten Pidie Jaya. Dia meminta agar bantuan awal yang menjadi prioritas, yaitu alat berat dan obat-obatan, langsung dikirim ke lokasi.

"Dinas Kesehatan misalnya, dia berangkat untuk cek membawa bantuan-bantuan berupa obat-obatan. Sudah berangkat semua, termasuk PU (Pekerjaan Umum), alat-alat berat ya untuk angkut. Karena masih ada korban-korban yang tertimpa. Nah itu perlu harus segera dikirim alat-alat berat untuk membongkar gedung-gedung yang roboh," kata Soedarmo di Istana, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (7/12/2016).

Soedarmo mengatakan alat-alat berat telah dikerahkan dari kabupaten-kabupaten sekitar Kabupaten Pidie Jaya. Menurut Soedarmo, Pidie Jaya menjadi wilayah terdampak gempa yang paling parah.

"Sudah, semua mulai bekerja dan diintegrasikan juga dengan mengirim alat-alat berat kita itu dari kabupaten-kabupaten tetangga, Pidie Jaya. Kita kerahkan dari Bireuen dan Pidie. Alat-alat berat itu disegerakan karena kalau menunggu juga agak-agak lama kan dari Banda Aceh. Makanya yang dekat-dekat dulu kita kerahkan ini," kata Soedarmo.

Gempa berkekuatan 6,5 skala Richter (SR) terjadi di Pidie Jaya pagi tadi yang mengakibatkan sejumlah bangunan dan fasilitas umum rusak. Beberapa bangunan roboh dan sejumlah ruas jalan juga retak.

BMKG mencatat gempa bumi terjadi pukul 05.03 WIB di wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh. Pusat gempa bumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km.
(dhn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed