DetikNews
Rabu 07 Desember 2016, 10:46 WIB

Gempa Aceh

Kementerian PUPR Kirimkan Tim ke Pidie Jaya yang Dilanda Gempa 6,5 SR

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Kementerian PUPR Kirimkan Tim ke Pidie Jaya yang Dilanda Gempa 6,5 SR Foto: Fadhly Fauzi Rachman
Jakarta - Sejumlah bangunan serta fasilitas umum rusak di Pidie Jaya akibat gempa berkekuatan 6,5 skala Richter yang mengguncang daerah itu. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) langsung mengirimkan tim ke Pidie Jaya untuk melihat langsung dampak gempa.

"Tim (Kementerian PUPR) sudah diberangkatkan, Dirjen sudah ke sana," kata Menteri PUPR Mochamad Basuki Hadimuljono kepada wartawan di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Menteri Basuki belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut karena tim yang diberangkatkan belum sampai di Pidie Jaya. "Belum (ada laporan), karena tim belum sampai," tambah Basuki.


Gempa berkekuatan 6,5 skala Richter terjadi di Pidie Jaya pagi tadi pukul 05.03 WIB yang mengakibatkan sejumlah bangunan dan fasilitas umum rusak. Beberapa bangunan roboh dan sejumlah ruas jalan juga retak. Hingga saat ini tercatat ada 18 korban meninggal dunia.

BMKG mencatat gempa bumi terjadi pukul 05.03.36 WIB dengan kekuatan M=6,4 di wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh. Pusat gempa bumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km.
(fiq/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed