DetikNews
Selasa 06 Desember 2016, 15:08 WIB

Polda Jabar akan Amankan Wilayah Perbatasan Saat Sidang Ahok Digelar

Mukhlis Dinillah - detikNews
Polda Jabar akan Amankan Wilayah Perbatasan Saat Sidang Ahok Digelar Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Sidang perdana Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terkait dugaan penistaan agama, digelar pekan depan. Polda Jabar siap melakukan pengamanan jika nantinya memang diperlukan.

"Walau pun nanti (sidang) di Jakarta, kami tetap siap ikut melakukan pengamanan jika diperlukan," kata Kapolda Jabar Irjen Pol Bambang Waskito di Mako Brimob, Jalan Ko A Syam, Sumedang, Selasa (6/12/2016).

Bambang mengatakan akan turut memantau perkembangan situasi di lapangan saat sidang berlangsung. Sekitar dua per tiga kekuatan pasukan akan dikerahkan untuk berjaga-jaga di wilayah perbatasan.

Menurutnya, antisipasi ini dilakukan untuk segala potensi gangguan seperti aksi demo dan yang lainnya. Pihaknya tidak ingin terjadi tindakan-tindakan anarkis terjadi karena gelombang protes terhadap kasus hukum Ahok.

"Tentunya kami akan antisipasi itu (anarkis), terutama di wilayah perbatasan seperti tol. Khawatir ada motor atau massa yang masuk ke sana," ucap Bambang.

Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menghormati proses persidangan tersebut. "Serahkan kepada penegak hukum, apa pun keputusannya, hormati," imbuh Bambang.

Sidang perdana Ahok akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada Selasa 13 Desember mendatang. Ketua PN Jakut Dwiarso Budi Santirto yang akan menjadi ketua majelis hakim sidang tersebut.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed