Diminta Netizen Jangan Banyak Ngomong, Ini Respons Anies Baswedan

Herianto Batubara - detikNews
Selasa, 06 Des 2016 13:43 WIB
Anies Baswedan (Foto: Ari Saputra/detikFoto)
Jakarta - Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkadang mendapat kritik pedas dari netizen di media sosial. Bagaimana responsnya?

Anies memposting sebuah video di akun Facebook dan Instagram-nya seperti dilihat detikcom, Selasa (6/12/2016). Video berdurasi 16 detik itu berisi tentang bagaimana Anies merespons tweet jahat atau cuitan netizen di Twitter yang menyerang dirinya.

Di video tersebut Anies yang mengenakan kemeja lengan panjang warna biru terlihat duduk di sebuah kursi. Tepat di sampingnya ada seorang wanita berkerudung yang membacakan twit dari netizen untuk calon gubernur yang berpasangan dengan Sandiaga Uno di Pilgub DKI Jakarta 2017 itu.

Perempuan berkerudung itu membacakan cuitan dari seorang netizen bernama Andhika Enggar. "Salam dua jari Pak Anies jangan banyakan omong kayak Uno," demikian isi twit tersebut.

Anies dalam video itu nampak hanya manggut-manggut. Perempuan yang di sampingnya pun bertanya karena penasaran. "Kok diam, pak?" ujarnya.

"Katanya jangan banyak omong," sahut calon gubernur nomor urut 3 itu.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini dalam keterangannya di video yang diunggahnya itu sepertinya tidak mau mempersoalkan komentar-komentar netizen yang menyerang dirinya di media sosial.

"Selalu mengapresiasi feedback dari teman-teman netizen, meskipun kadang jahat," ujarnya. Meski begitu, Anies dalam beberapa kesempatan juga menyampaikan agar masyarakat bijak menggunakan media sosial dan selalu mengedepankan sopan santun.

(hri/tor)