DetikNews
Minggu 04 Desember 2016, 11:23 WIB

Potret Kemeriahan Parade Bhinneka Tunggal Ika di Area CFD

Ibnu Hariyanto - detikNews
Potret Kemeriahan Parade Bhinneka Tunggal Ika di Area CFD Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom
Jakarta - Parade Bhinneka Tunggal Ika atau yang disebut 'Aksi Kita Indonesia' hari ini berlangsung dengan semarak. Massa parade yang sudah berkumpul sejak subuh tadi melakukan berbagai kegiatan seni yang membuat 'hidup' area Car Free Day (CFD), Jakarta Pusat.
Potret Kemeriahan Parade Bhinneka Tunggal Ika di Area CFDAntusiasme massa peserta parade kehinekaan. Foto: Ibnu Hariyanto-detikcom
Pantauan detikcom di area CFD, Jakarta Pusat, Minggu (4/12/2016), massa peserta parade tampak bernyanyi ria dan berjoget. Peserta parade juga menampilkan pegelaran-pegelaran seni tradisional, ber-mannequin challenge hingga berswafoto di sekitaran CFD.

Di panggung utama yang bertempat di Bundaran HI, ada pegelaran wayang orang yang ditampilkan di depan peserta parade. Mereka tampak senang menonton pertunjukkan yang diperankan oleh orang itu.

Selain berbagai pertunjukan tersebut, ada juga berbagai macam tari tradisional, salah satunya Tari Kecak asal Bali. Tak hanya itu, ada juga pertunjukkan Barongsai yang ditampilkan di parade kebhinnekaan tersebut.
Potret Kemeriahan Parade Bhinneka Tunggal Ika di Area CFDMassa peserta parade kebhinnekaan. Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom

Dalam parade yang digelar hari ini, tampak hadir beberapa tokoh politik. Mereka di antaranya adalah Surya Paloh, Setya Novanto dan Djan Faridz. Mereka kompak memuji parade kebhinnekaan ini yang disebutnya menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang damai dan ramah.

Novanto dan tokoh-tokoh tersebut kemudian melepas burung merpati. Pelepasan burung tersebut dikatakan sebagai simbol perdamaian bagi Indonesia agar Indonesia tetap aman, damai dan sejahtera.
Potret Kemeriahan Parade Bhinneka Tunggal Ika di Area CFDKepadatan massa di parade kebhinnekaan. Foto: Ibnu Hariyanto-detikcom

"Ini kita jadikan momentum, adalah kebangsaan kita, kebhinnekaan kita, inilah NKRI. Hari ini adalah hari yang luar biasa damai, seluruhnya ada," tutur Novanto di depan massa aksi.



(GBR/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed