DetikNews
Sabtu 03 Desember 2016, 13:32 WIB

Dinamika Pilgub DKI

Ikut Pengajian di Cilincing, Anies Klarifikasi Isu Syiah dan Kawin Lagi

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Ikut Pengajian di Cilincing, Anies Klarifikasi Isu Syiah dan Kawin Lagi Foto: Noval Dwhinuari Antony/ detikcom
Jakarta - Seorang ibu peserta pengajian di Cilincing, Jakarta Utara, menanyakan isu calon Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan adalah penganut Syiah. Dengan tegas, cagub nomor urut 3 menjelaskan jika dirinya bukan seorang Syiah.

Saat itu Anies telah menyampaikan visi dan misinya pada pengajian warga di Kompleks Green Garden Blok B 16, Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (3/12/2016). Seorang ibu kemudian bertanya kepadanya soal isu yang didengarnya bahwa Anies penganut Syiah.

"Pak, saya itu sebetulnya simpati sudah lama dengan Bapak. Tapi teman-teman saya bilang kalau Bapak itu Syiah. Nah itu benar enggak, Pak? Kalau saya sudah dengar dari Bapak langsung, saya bisa jelaskan langsung ke mereka nanti," tanya seorang ibu ke Anies.

Anies kemudian dengan tegas menerangkan bahwa dirinya bukan seorang Syiah. Isu tersebut digunakan untuk memfitnahnya di masa pilgub DKI. Dia menegaskan dirinya adalah penganut ahlussunnah wal jamaah.

"Kalau orang difitnah, itu artinya sudah tidak ada bahan lagi untuk mengkritiknya. Saya tidak pernah menjadi Syiah, tidak pernah dekat-dekat, saya Aswaja, ahlussunnah wal jamaah," jelasnya.

Anies meminta masyarakat yang mendengarkan isu tersebut untuk membantu meluruskan. Tanggung jawab untuk membuktikan tuduhan, dikatakan Anies, ada pada orang yang menuduh, bukan tertuduh.

"Saya sampaikan ini biar bisa mendengar langsung, tanggung jawab membuktikan bukan pada orang yang dituduh, tapi ada pada orang yang menuduh," jelasnya lagi.

Cagub nomor urut 3 itu juga menyebutkan banyaknya isu miring terkait dirinya di saat pilgub DKI saat ini. Isu tersebut di antaranya tuduhan bahwa Anies komunis, anggota Jaringan Islam Liberal (JIL), dan kawin lagi. Dengan tegas dia menjelaskan bahwa isu tersebut adalah fitnah.

"Tidak pernah, saya tidak pernah menjadi seorang komunis," tegasnya.

"Soal JIL, cara membuktikannya gampang. Ada buku 50 tokoh Islam liberal. Dan dicari nama Anies Baswedan, enggak akan ketemu karena saya bukan JIL," tegasnya lagi.

Dia juga menegaskan tidak pernah menikah selain dengan istrinya saat ini. "Kawin lagi, saya pengen tahu, yang mana nih istrinya," katanya mengklarifikasi soal isu kawin lagi.

Anies mengaku selalu memaafkan dan mendoakan orang yang memfitnahnya. "Kalau ada yang fitnah, saya senyum, dan mendoakan semoga dimaafkan," katanya.
(tor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed