detikNews
Rabu 30 November 2016, 08:49 WIB

Apel Nusantara Bersatu

Diguyur Hujan, Apel Nusantara Bersatu di Semarang Tetap Semarak

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Diguyur Hujan, Apel Nusantara Bersatu di Semarang Tetap Semarak Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarak - Apel Nusantara Bersatu juga digelar di Semarang. Meski diguyur hujan, para peserta tetap semangat meneriakkan persatuan dan mengikuti serangkaian acara.

Peserta mengangkat kain merah-putih dalam Apel Nusantara Bersatu, Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita Bersama, Bhinneka Tunggal Ika. Sejak sekitar pukul 06.00 WIB, peserta apel dan warga sudah berkumpul di Lapangan Simpang Lima Semarang. Ada dua panggung musik besar di lapangan untuk menghibur masyarakat. Begitu pentas musik dimulai, warga langsung menggeruduk depan panggung sisi utara.

Elemen masyarakat yang hadir ada dari pelajar, TNI, Polri, ormas, tokoh agama, dan banyak lagi. Mereka berbaur dan tidak sedikit yang memanfaatkannya untuk foto bersama. Saat band pengiring memulai musik dengan lagu-lagu nasional, masyarakat langsung maju dan berjoget.
Apel dihadiri berbagai elemen masyarakat.Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Apel dihadiri berbagai elemen masyarakat.


Meski hujan deras mengguyur, hanya beberapa orang saja yang memilih berteduh, lainnya tetap di lapangan. Drum band dari AMNI juga menghibur dengan atraksi-atraksinya di tengah hujan deras.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Dwi Endro Sasongko mengatakan acara tersebut diselenggarakan oleh berbagai elemen masyarakat, dan Kodam IV/Diponegoro hanya memfasilitasi dan ikut meramaikan, salah satunya dengan pameran alutsista di ruas jalan dekat Lapangan Pancasila Simpang Lima. "Ini yang menyelenggarakan adalah komponen masyarakat. Kita hanya membantu, ini dihadiri sekitar 10 ribu orang," kata Dwi kepada detikcom, Selasa (30/11/2016).
Peserta tetap semangat meski diguyur hujan.Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Peserta tetap semangat meski diguyur hujan.


Nantinya acara akan diisi juga dengan orasi kebangsaan oleh beberapa tokoh, di antaranya Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, tokoh akademisi, tokoh organisasi masyarakat, dan tokoh agama.
Alutsista juga dipamerkan dalam apel ini.Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Alutsista juga dipamerkan dalam apel ini.


Direncanakan alutsista yang dipamerkan juga akan digunakan untuk kirab dengan rute Lapangan Pancasila Simpang Lima - Jalan Pandanaran - Tugu Muda - Jalan Pandanaran - kembali ke Lapangan Pancasila Simpang Lima. Bahkan penyanyi legendaris Iwan Fals juga direncanakan bergabung menghibur warga Semarang.

"Ini dalam rangka membangkitkan jiwa nasionalisme bangsa Indonesia dan memberi wahana silaturahmi untuk menjalin komunikasi di antara komponen bangsa. Seluruh lapisan masyarakat merapatkan barisan dengan menggelar apel kebangsaan Nusantara Bersatu, Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita Bersama Bhinneka Tunggal Ika," pungkas Dwi.
Apel juga akan diisi orasi dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Apel juga akan diisi orasi dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.


Saat ini acara masih terus berlangsung dan sejumlah pejabat juga sudah mulai datang. Atraksi barongsai dari Arhanudse 15 Semarang masih beraksi menghibur peserta apel dan warga.

"Selain di Semarang, apel Nusantara Bersatu wilayah Jateng - DIY juga dilaksanakan di Banyumas, Yogyakarta, dan Surakarta," imbuhnya.


(alg/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed