Aksi Damai 2 Desember

Polisi Prediksi Jumlah Massa Aksi 2 Desember 200 Ribu Orang

Bartanius Dony A - detikNews
Selasa, 29 Nov 2016 11:52 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar (Foto: Grandyos Zafna/detikFoto)
Jakarta - Aksi Bela Islam III diprediksi akan dihadiri oleh sekitar 200 ribu orang. Kadiv Humas Polri Irjen (Pol) Boy Rafli Amar mengatakan, jika massa yang datang lebih dari prediksi tersebut, akan disiapkan tempat lainnya.

"Diprediksi ada sekitar 150-200 ribu massa aksi yang akan datang. Andaikan lebih, Silang Monas bisa menampung sampai 600-700 ribu. Itu rumput bisa dipakai untuk ibadah," kata Boy saat jumpa pers di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (29/11/2016).

Boy menambahkan, bila Silang Monas masih belum cukup, massa diperbolehkan menggunakan ruas Jalan Medan Merdeka Selatan. "Kalau tidak cukup juga, saf (memanjang ke) belakang hingga (Jalan) Medan Merdeka Selatan hingga Stasiun Gambir," ujar Boy.

Pengamanan dalam aksi damai 2 Desember tersebut akan ada sebanyak 22 ribu personel gabungan TNI dan Polri. Mereka akan melakukan pengamanan terhadap pergerakan massa. Boy meminta massa aksi menaati hukum yang berlaku.

"Marilah kita laksanakan dengan penuh hormat kepada hukum yang berlaku," tutur Boy.

Aksi ini dilakukan untuk mendorong penegak hukum menuntaskan kasus Basuki T Purnama. Massa juga meminta agar pria yang akrab disapa Ahok itu ditahan. (jbr/fjp)