DetikNews
Senin 28 November 2016, 15:41 WIB

Guru Tersangka Isu Rush Money Dikenal Baik dan Rajin Beribadah di Sekolah

Okky Budi Permana - detikNews
Guru Tersangka Isu Rush Money Dikenal Baik dan Rajin Beribadah di Sekolah Foto: Screenshot akun facebook Abu Uwais
Jakarta - Abdul Rozak (31) dikenal ramah di lingkungan sekolah tempatnya mengajar. Tak ada perilaku 'aneh' yang ditunjukkan tersangka penyebar isu rush money dalam kesehariannya.

"Seperti biasanya, guru nggak ada yang aneh-aneh," kata seorang guru rekan kerja Abdul Rozak yang menolak disebutkan namanya saat ditemui SMK Pluit Raya, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (28/11/2016).

Abdul Rozak pemilik akun Facebook Abu Uwais ini disebut juga rajin beribadah. Tak ada yang menyangka Abu Uwais kini berurusan dengan polisi gara-gara status di Facebook.

"Ramah, baik sama orang ibadahnya rajin, nggak ada yang aneh-aneh," imbuhnya.

Hari ini Abu Uwais tidak masuk ke sekolah. Rekan kerjanya paham dengan kondisi Abu Uwais sebagai tersangka setelah ditangkap pada Jumat (25/11).

"Yang pasti dia tidak masuk dulu, kami juga bisa mengerti ya paham lah Beliau harus menghadapi beberapa proses yang harus dilakukan," ujar guru tersebut.

Soal kasus Abu Uwais, Bareskrim Polri masih melakukan penyidikan terkait aktor intelektual isu rush money. Tim Subdit Cyber Crime Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim menyebut duit yang dipamerkan Abu Uwais dalam akun facebook merupakan pembayaran SPP siswa.

Status soal rush money salah satunya ditulis Abu Uwais pada 22 November di akun Facebook. "Aksi "RushMoney" mulai berjalan.. Ayo ambil uang kita dari bank milik komunis", tulis Abu Uwais.

Gara-gara status provokatif ini Abu Uwais dijerat Pasal 28 ayat 2 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).
(fdn/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed